Dipusatkan di Lapseg Ombilin, KPU Sawahlunto Terima Bendera Kirab Pemilu dari KPU Tanah Datar

Sawahlunto, beritaterbit.com – Dalam rangka sosialisasi Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum Kota Sawahlunto menggelar Kirab Pemilu 2024 yang dipusatkan di lapangan Segitiga Ombilin, Kota Sawahlunto, Senin (03/07/2023).

Acara dihadiri oleh Wakil Walikota (Wawako) Sawahlunto Zohirin Sayuti, Sekda Sawahlunto Dr. dr. Ambun Kadri, MKM, Perwakilan KPU Sumatera Barat yaitu Komisioner KPU Sumbar Ory Sativa Syakban, Ketua KPU Tanah Datar yang diwakili Plh Sekretaris KPU Tanah Datar Amrullah beserta rombongan, Ketua KPU Sawahlunto Fadlan Armey, Kepala Kesbangpol Sawahlunto Yulianti, Kepala Pengadilan Negeri Kota Bawaslu Kota Sawahlunto, Parpol se-Kota Sawahlunto, serta undangan lainnya.

Dalam kegiatan Kirab Pemilu tersebut diisi dengan serah terima Bendera Merah Putih, Petaka KPU dan Bendera Partai Politik dari KPU Tanah Datar kepada KPU Kota Sawahlunto. Setelah itu dilakukan pembacaan deklarasi ‘Pemilu Sebagai Sarana Pemersatu Bangsa’ yang langsung diikuti dengan penandatanganan bersama oleh Para Pemangku Kebijakan dalam Pemilu dan Perwakilan Partai Politik.

Ketua KPU Tanah Datar yang diwakili PLH Sekretaris KPU Tanah Datar Amrullah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada KPU Sawahlunto yang telah menggelar Kirab Pemilu 2024.

Terima kasih juga disampaikannya kepada rombongan KPU Tanah Datar beserta PPK yang turut mengantarkan Bendera Kirab ke KPU Kota Sawahlunto.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Kirab Nasional ini telah diluncurkan oleh KPU Republik Indonesia pada tanggal 14 Februari 2023 kemarin. Dan Insya Allah berakhir pada bulan Desember tahun 2023 di Jakarta,” ujar Amrullah.

Amrullah katakan bahwa KPU Tanah Datar telah menerima Bendera Kirab Pemilu 2024 dari KPU Kota Bukittinggi pada tanggal 27 Juni 2023.

“Setelah kami terima, kami melaksanakan beberapa agenda kegiatan yang bersifat sosialisasi diantaranya sosialisasi dengan masyarakat di sekitar Kota Batusangkar, KIM Berhadiah, Sosialisasi Grebek Pasar di Pasar Sungai Tarab, Sosialisasi dengan Posyandu di Kecamatan Lintau Buo Utara, Lintau Buo dan Sungayang, Sosialisasi dengan Pemilih Pemula di SMA N 3 Batusangkar dilanjutkan dengan masyarakat Nagari Tambangan Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar. Dan pada hari Minggu kemaren mengadakan kegiatan Zumba dan Pawai Keliling Kota Batusangkar. Dan terakhir hari ini kita menyerahkan Bendera Kirab ke KPU Kota Sawahlunto,” pungkas Amrullah.

Sementara itu Ketua KPU Kota Sawahlunto, Fadlan Armey menyampaikan, Kirab Pemilu ini yakni dalam rangka menyebarluaskan informasi kepada masyarakat tentang Pemilu 2024 yang tahapannya sudah mulai dilaksanakan.

“Kirab Pemilu ini adalah amanah Undang-Undang, untuk sampaikan informasi tentang Pemilu kepada publik yang akan dilaksanakan hari Rabu tanggal 14 Februari 2024 nanti,” kata Fadhlan.

Fadhlan katakan pada intinya Kirab Pemilu ini merupakan bagian dari sosialisasi yang dilaksanakan oleh KPU Republik Indonesia yang diluncurkan pada tanggal 18 Februari 2023. Kirab Pemilu ini diluncurkan di 7 titik di seluruh Indonesia.

Komisioner KPU Sumatera Barat Ory Sativa Syakban menyampaikan bahwa KPU Sumatera Barat sedang melaksanakan Fit and Proper Test (Uji Kelayakan dan Kepatutan) untuk calon Anggota KPU untuk Kota Sawahlunto.

Selanjutnya Ory Sativa katakan bahwa KPU Sumatera Barat juga telah menghadiri Rapat Pleno Penetapan DPP secara Nasional di KPU RI yang dihadiri Katua KPU Sumatera Barat.

Ory Sativa juga memperkebalkan Sura (Suara Rakyat) dan Sulu (Suara Pemilu).

“Kirab ini berlangsung satu tahun menjelang pelaksanaan Pemilu, 14 Februari 2023 dimulai. Nanti di Bulan November berkumpul seluruh Tim Kirab ini di KPU RI Jakarta. Pesan yang ingin kami sampaikan bahwa Pemilu 2024 adalah sesuatu yang wajib terjadi. Kita berharap hadirnya Kirab Pemilu di Sawahlunto ini dapat mengantisipasi dan menjawab berita -berita yang menyatakan Pemilu ditunda,” pungkas Ory Sativa.

Wawako Zohirin Sayuti pada kesempatan itu mengajak seluruh masyarakat Sawahlunto untuk bersama-sama mensukseskan Pemilu 2024 dengan menggunakan Hak Pilih pada Pemilu 2024 tersebut.

“Demokrasi telah memberikan kita hak suara untuk memilih pemimpin dan Wakil-Wakil Rakyat. Jadi mari kita manfaatkan hak pilih tersebut dengan sebaik-baiknya, datang ke TPS untuk menyoblos,” pungkas Wawako Zohirin Sayuti.

Penulis: Maryati

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.