Dibuka Langsung Oleh Bupati Eka Putra, FPM 2021 Berlangsung Sepektakuler

Tanah Datar (SUMBAR), beritaterbit.com-Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE didampingi Wakil Bupati (Wabup) Richi Aprian, SH, MH membuka langsung secara resmi acara Festival Pesona Minangkabau Penyerahan (FPM) Tahun 2021 yang digelar di Istano Basa Pagaruyuang, Sabtu (13/11/2021).

Rombongan Bupati Tanah Datar disambut dengan Tari Gelombang yang merupakan Tarian Daerah Minangkabau.

Meski berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, FPM kali ini dilaksanakan dengan menjalankan Protokol kesehatan ketat dengan konsep hibryd secara ofline dan online, namun FPM 2021 berlangsung cukup spektakuler.

Sebelum acara dimulai, FPM yang akan dilaksanakan selama 2 hari ini (Sabtu dan Minggu/ 13-14 November 2021) ini di awali dengan Penyerahan Galanggang oleh Niniak Mamak Pagaruyuang yaitu J. Dt. Cumano dan B. Dt. Bungsu.Selanjutnya acara dimulai, diawali dengan mengumandangkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Tanah Datar.

Dalam FPM ini juga dilaksanakan Pawai Budaya dari 14 Kecamatan yang ada di Tanah Datar yang menampilkan keunikan budaya di daerah masing-masing.Selain itu juga dilaksaakan Pemecahan Rekor MURI dengan yaitu Tari Piring dengan Penari Terbanyak, yang diikuti lebih dari 9.000 penari dari seluruh penjuru daerah Tanah Datar yang terdiri dari Pelajar dari tingkat SD, SMP hingga SMA ; Sanggar Tari dan Ibu-ibu .PKK

Dalam sambutannya Bupati Eka Putra menyampaikan FPM merupakan perhelatan event budaya yang menampilkan promosi budaya, promosi Desa Wisata, kuliner dan kearifan lokal Minangkabau yang diharapkan dapat menjadi sarana menumbuhkan semangat dan motivasi dalam menggali dan mengembangkan nilai-nilai budaya Minangkabau karena Tanah Datar termasuk salah satu asal-usul Budaya Minangkabau.

“Pelestarian nilai-nilai adat dan budaya adalah tanggungjawab kita bersama sebagai tongkat estafet untuk diteruskan kepada generasi masa kini dan masa yang akan datang” tegas Eka Putra.

Eka Putra juga sampaikan terima kasih kepada Kemenparekraf RI yang telah memilih dan menetapkan FPM sebagai salah satu Kharisma Event Nusantara tahun 2021.

“Di masa Pandemi ini Virtual Event sangat dibutuhkan agar kita dapat terus melakukan inovasi untuk mengembangkan sektor pariwisata” lanjut Eka.

Eka Putra juga berharap FPM bisa menjadi momentum bangkitnya pariwisata Tanah Datar di tengah Pandemi Covid-19.

“Ada 3 hal yang kita harapkan dari pelaksanaan Event FPM ini yaitu : Peningkatan kesejahteraan bekonomi masyarakat, terpeliharanya adat -istiadat dan budaya Minangkabau serta mempromosikan Pesona Budaya, wisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Tanah Datar.

Di akhir sambutannya Eka Putra menyampaikan terima kasih kepada Kemenparekraf RI, Dinas Pariwisata Sumatra Barat, Disparpora Tanah Datar, Diskominfo Tanah Datar serta seluruh pihak yang telah berpartisipasi menyukseskan terselanggaranya FPM 2021.

Hadir dalam acara Pembukaan diantaranya : Menparekraf RI yang diwakili Direktur Event Daerah Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Drs. Reza Fahlevi, M.Si; Gubernur Sumbar diwakili Asisten Administrasi Umum Sekda Provinsi Sumatera Barat Andri Yulika, SH, M.Hum; Ketua TP PKK Tanah Datar Ny.Lise Eka Putra; Wabup Richy Aprian beserta isteri; Ketua DPRD Tanah Datar; Forkopimda Tanah Datar dan Padang Panjang; Perwakilan MURI; Sekda Tanah Datar; Staf, Asiaten, Kepala OPD serta undangan lainnya.(Mr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.