Desa Panyili Bone Mendapat Anugerah Kampung Pancasila

Bone, Beritaterbit.com – Pemerintah Kabupaten Bone melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar pendidikan wawasan kebangsaan di Hotel Helios Jalan Langsat Kabupaten Bone Sulawesi Selatan, Selasa (06/12/2022).

Kegiatan pencanangan Kampung Pancasila dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian warga dalam rangka upaya menjaga berdiri tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Drs. H. Andi Islamuddin dalam sambutannya mengatakan, kesempatan ini untuk mengikuti pembukaan pendidikan wawasan kebangsaan bagi masyarakat Desa Panyili Kecamatan Palakka Kabupaten Bone.

Seperti kita ketahui bersama beberapa waktu lalu, Desa Panyili ini telah dicanangkan sebagai Kampung Pancasila oleh Komandan Kodim 1407 Kabupaten Bone berbanggalah dan berbahagialah saudara-saudaraku semua yang berada di Desa Panyili.

“Karena dari 328 desa yang ada di Kabupaten Bone hanya Desa Panyili yang mendapatkan Kampung Pancasila, perwakilan-perwakilan yang kita anggap tokoh-tokoh apakah itu tokoh pemuda, tokoh perempuan tokoh masyarakat tokoh apa yang digabung dalam satu wadah lalu kemudian dipastikan bahwa jumlah peserta didik adalah 100 orang,” ujarnya.

Lanjut Sekda, “100 orang itu kalau disebar ke 372 desa dan kelurahan saya kira apa yang diharapkan pesan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia dan Bapak Menteri Dalam Negeri bahwa untuk menanamkan rasa kebangsaan itu harus tersebar di seluruh negeri,” jelas Sekda Bone.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Bone Dr. H. A. Sumardi menuturkan cinta tanah air dan rasa kebangsaan kita sehingga rawan terjadi perpecahan di tengah kehidupan masyarakat kita. Sehingga diperlukan upaya-upaya penguatan persatuan dan kesatuan cara pandang terhadap bangsa dan negara rasa cinta tanah air rasa memiliki terhadap bangsa dan negara dua dasar pelaksanaan yakni:

“Satu Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 71 tahun 2012 tentang pedoman pendidikan wawasan kebangsaan kedua keputusan Bupati Bone nomor 11 tahun 2002 tentang pembentukan panitia pelaksana menuju program kerja bidang ideologi bahwa negara kebangsaan bela negara karakter bangsa pembangunan kebangsaan Bhineka Tunggal Ika,” pungkasnya. (Arur)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.