Dandim 0619/Purwakarta: Panen Pedet Jadi Ajang Motivasi Para Peternak Lokal

Purwakarta, beritaterbit.com – Dalam upaya menyemangati para peternak yang ada di Kabupaten Purwakarta, Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Kabupaten Purwakarta menggelar Panen Pedet (Anak Sapi, red), di pasar Hewan Ciwareng Desa Ciwareng, Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta. Senin (14/12/2020)

Pada acara tersebut tampak dihadiri oleh Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, Wakil Bupati Purwakarta H Aming, Dandim 0619/Pwk Letkol Arm Krisrantau Hermawan, Kapolres Purwakarta AKBP Ali Wardana, dan perwakilan dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat Ja’far Ismail serta para kepala OPD Kabupaten Purwakarta.

Panen Pedet yang mengangkat tema “Meningkatkan Populasi dan Mutu Genetik Sapi” kali ini diisi dengan berbagai kegiatan antara lain, Panen Pedet, kontes ternak, dan Pelayanan Terpadu Kesehatan Hewan.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyampaikan, seluruh panen pedet 2020 yang ada di Purwakarta, masing-masing memiliki landasan filosofis, dimana bertujuan untuk menghargai kekayaan lokal sekaligus untuk menyemangati kekayaan lokal.

“Seperti sebelumnya kita pernah menggelar pemberian bantuan mesin pembuatan pakan ternak, untuk menyemangati para peternak, kali ini kita menggelar panen pedet untuk menyemangati peternak lokal, intinya ingin membuat warga kita di Kabupaten Purwakarta ini lebih semangat bekerja dan berternak,” ungkapnya.

Dilokasi yang sama Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Krisrantau Hermawan menambahkan, pasar hewan Ciwareng merupakan salah satu pasar hewan terbesar di Jawa barat.

“Saya mengapresiasi, dilaksanakannya panen pedet, langsung di lokasi pasar hewan, karena hal tersebut dapat memotivasi bagi masyarakat lainnya khususnya warga Purwakarta. Intinya masyarakat Purwakarta jangan hanya mengkonsumsi dagingnya dan membeli sapinya saja. Namun juga saya harapkan masyarakat Purwakarta, mampu beternak atau mengembangbiakan hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing ataupun hewan ternak lainnya,” kata dia.

Menurut Dandim, kegiatan ini, salah satu langkah pemerintah daerah untuk meyakinkan pada masyarakat Purwakarta umumnya, dan peternak lokal, bahwa berternak sesungguhnya bisa menjadi mata pencaharian utama.

“Kalau dari awal sudah yakin dalam beternak dan tidak setengah-setengah menjalankannya, tentunya akan mempengaruhi hasil ternaknya. Tentunya beternak juga bagian dari menjaga ketahanan pangan bagi masyarakat,” ucapnya. (Aik Nurhakiki)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.