Bupati Tulungagung Bersama Menteri PAN RB Resmikan Mall Pelayanan Publik

Tulungagung, beritaterbit.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN RB), Abdullah Azwar Anas hari ini meresmikan lima Mall Pelayanan Publik yang ada di wilayah Jawa Timur secara serentak yang terpusat di Kabupaten Tulungagung, Selasa (18/07/2023).

Dalam acara peresmian bersama tersebut, Menteri Azwar Anas didampingi oleh Bupati Tulungagung Maryoto Birowo. Dari lima Mall Pelayanan Publik yang diresmikan yakni Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Malang, Kabupaten Sampang, dan Kota Pasuruan. Dengan demikian, jumlah MPP yang ada di Provinsi Jawa Timur sebanyak 22 MPP serta terdapat 139 MPP yang tersebar di Indonesia.

Pada kesempatan ini, Menteri PANRB Azwar Anas mengatakan bahwa dengan didirikannya Mall Pelayanan Publik merupakan wujud reformasi birokrasi yang berdampak terhadap perbaikan kualitas perekonomian daerah, khususnya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Selain itu juga menjadi satu upaya pemerintah untuk menciptakan sistem pelayanan publik yang lebih baik, transparan dan akuntabel.

Selain itu, Azwar Anas juga memaparkan bahwa dengan adanya Mall Pelayanan Publik ini tidak sekadar menggabungkan berbagai layanan dari instansi pusat dan daerah. Tetapi juga merupakan sebuah simbol terhadap hadirnya pemerintah di tengah-tengah kalangan masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan adanya MPP di lima kabupaten dan kota kali ini akan membawa manfaat buat masyarakat,” pungkas Menteri Anas.

Kementerian PANRB juga secara simultan mendorong pemerintah daerah untuk menghadirkan Mall Pelayanan Publik Digital. Tentunya upaya-upaya ini adalah untuk semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses kebutuhan akan administrasi kependudukan, perizinan dan non-perizinan dari pemerintah. Juga bertujuan untuk bisa menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo yang mewakili kepala daerah yang MPP-nya diresmikan, menyampaikan bahwa kehadiran MPP menjadi semangat mengintegrasikan inovasi dalam pelayanan. Dengan demikian, MPP berguna bagi kecepatan dan ketepatan ASN dalam memberikan pelayanan yang serba cepat dan diprioritaskan bagi masyarakat.

“Semuanya kini dapat terlayani secara cepat dalam satu gedung dengan layanan terintegrasi. Sehingga kehadiran MPP di lima kabupaten dan kota akan berdampak pada investasi pertumbuhan lapangan kerja dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Mall Pelayanan Publik yang ada dan diresmikan di Kabupaten Tulungagung hari ini Berlokasi di Jl. RA. Kartini, No. 7. Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur yang menyediakan berbagai fasilitas diantaranya 125 Jenis layanan dari 37 instansi dan beroperasi pada hari Senin-Kamis pukul 08.00-14.00 WIB dan hari Jumat pukul 08.00-12.00 WIB.

Dari lima Mall Pelayanan Publik yang ada, memiliki fasilitas dan sarana prasarana yang nyaman dan memadai serta sesuai dengan standar pelayanan. Diantaranya adalah ruang laktasi, ruang bermain anak, toilet penyandang disabilitas, ruang konsultasi, pusat ATM hingga pojok baca. Yang semuanya itu disiapkan untuk kenyamanan di dalam pelayanan.

Reporter: Agus

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.