Anak dan Lansia Di Purwakarta, Disarankan Laksanakan Shalat Idul Adha Dirumah

Purwakarta, Jawa Barat, beritaterbit.com – Pada akhir Juli 2020 nanti umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Namun, di tengah pandemi covid-19 ini, perayaan Idul Adha akan berbeda daripada sebelumnya.

Terkait perayaan Idul Adha di tengah situasi pandemi covid-19, Kementerian Agama telah resmi merilis panduan penyelenggaraan salat Idul Adha. Selain soal salat Idul Adha, Kemenag juga menerbitkan panduan untuk penyembelihan hewan kurban dalam SE No 18 tahun 2020 yang diteken Menteri Agama Fachrul Razi pada Kamis (2/7/2020).

Membahas tentang salat Idul Adha, karena dinilai rentan terhadap penularan virus korona. Lansia dan anak-anak disarankan melaksanaan Salat Idul Adha 1441 H / 2020 M dirumah masing-masing.

Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purwakarta Tedi Ahmad Junaedi mengatakan, untuk pelaksanaan salat ied yang akan digelar nanti akan berbeda dengan shalat ied pada sebelumnya karena masih dalam situasi pandemi.

“Kali ini pelaksaan Salat Idul Adha dan Khutbah akan dipersingkat tanpa mengurangi ketentuan syarat dan rukunnya. Dan tidak mewadahi sumbangan atau sedekah jemaah dengan cara menjalankan kotak, karena berpindah-pindah tangan dinilai beresiko rawan terhadap penularan penyakit.

“Dalam pelaksanaan salat Idul Adha nanti, penyelenggara juga harus menyiapkan petugas untuk melakukan dan mengawasi penerapan protokol kesehatan di area tempat pelaksanaan. Dan Melakukan pembersihan dan disinfeksi di area tempat pelaksanaan Shalat.” ujarnya. Rabu (22/07/2020)

“Para jemaah harus menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer
juga menghindari kontak fisik, seperti bersalaman atau berpelukan.
Dan antar jemaah harus menjaga jarak minimal 1 meter dan membawa peralatan ibadah masing-masing.

“Dalam edaran tersebut tertuliskan untuk anak-anak, lansia dan orang dengan penyakit bawaan yang rentan terhadap penularan covid-19 diharapkan agar melaksanakan salat di rumah saja,” tambahnya. (Aik Nurhakiki)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.