Peringati Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-731, DPRD Gelar Paripurna Bertajuk Bersama, Berkarya, Berjaya

Kab. Mojokerto, beritaterbit.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mojokerto menggelar rapat paripurna dalam rangka peringatan hari jadi ke-731 Kabupaten Mojokerto tahun 2024 di Gedung Graha Wichesa DPRD Kabupaten Mojokerto, Rabu (8/5/2024).

Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Ayni Zuroh serta Wakil Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Any Mahnunah, Setya Puji Lestari dan Mokhamad Sholeh.

Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Ayni Zuroh dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Kabupaten Mojokerto setiap tahunnya mengelar ulang tahun hari jadi Kabupaten Mojokerto dengan berbagai macam kegiatan. Di antaranya sidang paripurna dan dilanjutkan upacara peringatan hari jadi tanggal 9 Mei, di halaman pendopo Pemkab Mojokerto.

“Momentum peringatan hari jadi Kabupaten Mojokerto ke-731 tidak hanya sekedar seremonial dan formalitas, akan tetapi jadikan sebagai perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT atas keberhasilan berbagai program pembangunan yang telah kita capai bersama,” katanya.

Ayni Zuroh juga berharap, momentum hari jadi Kabupaten Mojokerto ke -731 sebagai bahan evaluasi permasalahan dan hambatan dalam pelaksanaan program pembangunan yang sampai saat ini belum dapat diselesaikan. Bahkan masih jauh dari harapan dan cita-cita bersama yaitu mewujudkan masyarakat Kabupaten Mojokerto yang lebih maju dan sejahtera.

Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto berharap Kabupaten Mojokerto semakin maju dan berkembang lebih cepat. Tak hanya itu, pimpinan sidang paripurna Ayni Zuroh juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati berserta staf Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat utamanya tokoh agama dan tokoh masyarakat yang telah berpartisipasi aktif dalam seluruh proses pembangunan Kabupaten Mojokerto sehingga mendapatkan penghargaan.

“Mari kita bangun dan kita jalin komunikasi, koordinasi dan silaturahmi antara eksekutif, legislatif dan yudikatif dalam rangka menjaga kekompakan dan kebersamaan guna peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan tema peringatan hari jadi Kabupaten Mojokerto yaitu bersama berkarya dan berjaya,” ujar Ayni Zuhro.

Sementara itu, Bupati Mojokerto Dr. Ikfina Fatmawati mengungkapkan, bahwa hari jadi Kabupaten Mojokerto telah ditetapkan berdiri pada 9 Mei 1293. Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bupati Mojokerto Nomor 230 Tahun 1993 pada tanggal 8 Mei 1993.

Tanggal 9 Mei 1293 dipilih mengingat tanggal tersebut merupakan momentum kemenangan pasukan Kerajaan Majapahit dibawah pimpinan Raden Wijaya yang berhasil mengalahkan pasukan tartar, baik kemenangan secara diplomatik maupun militer.

Sehingga momentum tersebut dijadikan sebagai konsideran utama untuk membuat keputusan politik DPRD Kabupaten Mojokerto sebagai hari jadi Kabupaten Mojokerto melalui keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Nomor 9 Tahun 1993 tanggal 8 Mei 1993 tentang Persetujuan Penetapan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto, yang selanjutnya ditetapkan dengan Keputusan Bupati Kepala Daerah Tingkat II Mojokerto Nomor 230 Tahun 1993 tanggal 8 Mei 1993 tentang penetapan hari jadi Kabupaten Mojokerto.

Selain itu, pada peringatan Hari Jadi ke-731 Kabupaten Mojokerto yang bertajuk ‘Bersama, Berkarya, Berjaya’. Bupati Ikfina mengharapkan, seluruh masyarakat dapat kompak dalam mewujudkan Kabupaten Mojokerto yang maju, adil dan makmur.

“Saya berharap seluruh mayarakat bekerja keras untuk bersama, berkarya dan berjaya, sehingga terwujud Kabupaten Mojokerto yang maju, adil dan makmur melalui penguatan infrastruktur dan peningkatan kualitas sumber daya manusia,” ucapnya.

Bupati Ikfina juga mengatakan, dalam menghadapi konstelasi sosial, politik, ekonomi, hukum serta keamanan dan ketertiban, baik skala regional maupun nasional ke depan yang semakin kompleks dan heterogen ditengah masyarakat, maka dia menilai, sebagai pelayan masyarakat harus mampu menjawab permalasahan tersebut secara cepat, tepat, dan akurat.

“Kita patut bersyukur, bahwa sampai saat ini kita telah berhasil menyikapi berbagai permasalahan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan program pembangunan utamanya pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana jalan, pasar dan lain-lain sebagai pengungkit pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Mojokerto,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ikfina menyampaikan terimakasih kepada perangkat daerah dan seluruh pihak terkait yang telah membantu mewujudkan berbagai kegiatan pembangunan di Kabupaten Mojokerto.

“Saya berharap melalui peringatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-731, kita jadikan sebagai momentum untuk lebih memacu diri dan lebih bersemangat dalam mengabdi dan membangun kabupaten mojokerto ke arah yang lebih baik,” pungkasnya.

Turut hadir Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Al Barra, Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko, para asisten dan Staf Ahli Bupati Mojokerto, Para anggota Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah dan Direktur BUMD dan Camat se-Kabupaten Mojokerto di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mojokerto. (adv)

Penulis: Ariyanto

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.