Yurdan Nil, Anggota DPRD Bengkulu Selatan Mengapresiasi Upaya Guna Menekan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi

Bengkulu Selatan, beritaterbit.com – 02 September 2023 Yurdan Nil, seorang Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bengkulu Selatan, memberikan apresiasi dan dukungannya terhadap langkah-langkah yang diambil untuk menekan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kabupaten Bengkulu Selatan. Pemerintah daerah dan seluruh tenaga kesehatan (Nakes) ditekankan untuk terus mengembangkan kompetensi mereka, terutama dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada ibu dan anak.

Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan, Didi Ruslan, S.KM, M.Si, menyoroti peran penting yang dimainkan oleh Nakes dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak, serta kesehatan reproduksi. Upaya ini sangat relevan dengan tujuan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan dalam pembangunan kesehatan, yang salah satunya adalah mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) yang berkaitan dengan angka kematian ibu dan bayi, serta mengurangi prevalensi gizi buruk dan stunting.

“Peran Nakes dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan komprehensif sangat penting dalam menjamin kesehatan ibu dan anak, serta mengurangi angka kematian ibu dan bayi. Ini adalah komitmen bersama untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Bengkulu Selatan,” ungkap Yurdan Nil.

Dalam konteks ini, pendidikan dan pelatihan berkelanjutan bagi tenaga kesehatan menjadi sangat penting. Upaya untuk terus meningkatkan kompetensi Nakes dalam diagnosis, perawatan, dan pemantauan ibu hamil, bayi, dan anak adalah langkah yang krusial dalam mencapai tujuan penurunan AKI dan AKB.

Yurdan Nil juga mengajak seluruh komunitas masyarakat untuk mendukung inisiatif ini dengan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelayanan kesehatan yang berkualitas selama masa kehamilan, persalinan, dan masa bayi. Dengan kolaborasi antara pemerintah daerah, Nakes, dan masyarakat, diharapkan dapat menciptakan perubahan positif dalam upaya menekan AKI dan AKB, serta meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Penulis: Indra

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.