Wudhu dan Kesempurnaan Shalat Berjamaah

Bireuen, beritaterbit.com – Masjid Agung Sulthan Jeumpa Kabupaten Bireuen, Ahad tanggal 26 Maret 2023 ceramah subuh oleh Tgk. H. Muhammad Ishaq atau sering disebut Abon Cot Tarom.

Dalam pengajiannya, beliau menyampaikan sebuah Hadits no. 269 dengan makna yaitu ingin kita untuk menyampaikan selesaikan wudhumu dan sempurnakan wudhumu.

Disini Rasullullah SAW telah menyampaikan kepada ummatnya untuk menjaga wudhu dan disini termaktub tentang kesehatan diri dengan selalu bersuci.

Perbanyaklah langkahmu ke masjid-masjid dan tunggulah sampai shalat. Masa dulu mencari nafkah setelah ibadah, masa sekarang ibadah setelah mencari nafkah. Rasulullah SAW menganjurkan tunggu shalat setelah shalat.

Kemudian apabila ke masjid sudah berwudhu. Setelah sampai di masjid shalat sunnah tahiyatul masjid, dan terus di masjid sehingga malaikat pun berdoa untuk orang-orang yang berada di masjid.

Imam terus menganjurkan agar makmum untuk merapatkan shaf dan luruskan shaf karena pahalanya besar sekali.

Kata Rasulullah SAW, aku dapat melihat kamu dari belakang, maka beramallah dengan baik dan sempurna. Malaikat dikirim oleh untuk membawa amalan hamba Allah kepadaku kata Rasulullah SAW. Nilai-nilai ibadah aku melihatnya dibawa kepadaku.

Apabila imam telah mulai takbir maka upayakan jangan masbuk, ikutilah shalat bersama imam. Ada pahala khusus yaitu takbiratur ihram bersama imam shalat yang luar biasa besarnya tidak ada bandingannya.

Selanjutnya rukuklah bersama imam. Dan selanjutnya apabila imam itidah kita juga itidah dan bacalah doanya.

Sebaik-baiknya shaf laki-laki adalah shaf pertama. Kecuali dibelakang imam yang dikhususkan untuk naif imam. Dan sebaik-baiknya shaf perempuan adalah shaf paling akhir sesama perempuan.

Hai nisak apalagi sujud maka tutuplah matamu untuk menghindari melihat aurat laki-laki, sehingga shaf perempuan diberikan pembatas dengan kain.
Semoga barakah Amin.

Penulis: Suherman Amin

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.