Warga Miskin Kota Bengkulu Bisa Nikmati Fasilitas Jaminan Persalinan

Bengkulu, beritaterbit.com  – Warga tidak mampu di Kota Bengkulu yang sedang hamil dan akan melakukan persalinan kini difasilitasi gratis dalam program Jaminan Persalinan (Jampersal). Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Susilawaty dalam Sosialisasi Jampersal di The View Resto dan Cafe, Padang Harapan, Selasa (3/7/2018)

“Ini khusus warga Kota Bengkulu yang miskin dan tidak memiliki Jaminan Kesehatan Nasional. Program Jampersal ini juga untuk menekan angka kematian ibu dan bayi,” ujar Susilawaty.

Disampaikannya, Program Jampersal di Kota Bengkulu dianggarkan Rp 2,1 Miliar yang bersumber dari dana APBN dan dimasukkan pada APBD tahun 2018.

“Prosesnya sangat sederhana, hanya memerlukan surat keterangan miskin dari kelurahan, seluruh biaya persalinan akan digratiskan. Bahkan kita siapkan fasilitas layanan kesehatan seperti Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) dengan Rumah Sakit Rujukan di RSUD Kota Bengkulu dan RSUD M. Yunus pada kelas 3,” terang Susilawaty.

Sementara itu, Kabid Kesehatan Masyarakat Desmi Hartini menyampaikan, setiap persalinan harus di tolong dengan tenaga kesehatan yang kompeten, sehingga di perlukan akses yang mudah.

“Sasaran RTK adalah ibu hamil dengan faktor resiko, akses yang jauh, anak lebih dari 4, ibu hamil umur kurang dari 20 tahun dan lebih dari 35 tahun, anemia dengan hemoglobin <11G/DL,” kata Desmi Hartini.

Disampaikannya pula, RTK memfasilitasi H-2 dan H+3 Persalinan guna menurunkan resiko kematian ibu dan bayi.

“RTK adalah tempat transit Ibu bersalin sebelum dan sesudah melahirkan, guna memantau ibu hamil secara intensif,” ujarnya.

Untuk diketahui, RTK ini merupakan fasilitas pelayanan kesehatan sesuai standar, di peruntukkan bagi daerah yang terkendala akses secara geografis, minim tenaga kesehatan dan budaya yang tidak mendukung.

Ada 6 titik RTK yang telah beroperasi di kota Bengkulu, yaitu : RTK Setia, Padang Serai Jl. Simpang kandis, Gang Setia RT 6 RW 1 no 88 kel.Sumber jaya Kec. Kampung Melayu. RTK Beringin, Jl. WR Supratman No 6 RT/RW 2/1 Kel. Beringin Raya. RTK Sofiana Fadillah, JL. H.M Arif No. 2 RT 7 Kelurahan Panorama Kec.Singaran Pati. RTK Tulip, JL. WR Supratman Perumahan Sakha Falih Blok B2 No 11. RTK Rafflesia, Jl. Padat Karya RT/RW 01/03 Kel. Sumur Dewa Kec. Selebar. RTK Mawar Indah, Jl. Letkol Iskandar RT 14 No 81 Tengah Padang.

Tampak hadir dalam sosialisasi ini Kepala OPD, Camat, Kepala Puskesmas, dan instansi terkait. (ADV/Rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.