Warga Desa Pelem Campurdarat Gotong Royong Memperbaiki Tanggul yang Jebol

Tulungagung, beritaterbit.com – Intensitas curah hujan yang tinggi dibeberapa hari terakhir yang mengguyur daerah Tulungagung Selatan, menyebabkan volume air di aliran sungai di Dusun Bangak Desa Pelem Kecamatan Campurdarat mengalami over kapasitas.

Akibatnya tanggul sungai tidak mampu lagi menahan derasnya aliran sungai hingga menyebabkan tanggul jebol dan air meluber ke sawah warga.

Dari peristiwa itu, warga masyarakat dan pemerintah Desa Pelem melakukan perbaikan tanggul yang jebol dengan gotong-royong melakukan pemulihan dan pengutan tanggul sungai, Senin (21/11/2022).

Dari pengakuan warga yang ikut melakukan gotong royong mengatakan, “Mumpung air surut karena kemarin gak hujan. Ini warga saling bahu membahu melakukan perbaikan tanggul. Takutnya kalau tidak cepat diperbaiki, nanti kalau hujan deras malah melebar jebolnya,” ungkapnya.

Kepala Desa Pelem, Mujialam mengatakan, “Memang akhir-akhir ini sering terjadi hujan lebat dangan durasi yang panjang, lha Desa Pelem ini dekat pegunungan, air dari atas itu turun dan mengalir di sungai utama yang melintas di Desa Pelem. Akibatnya tanggul tidak mampu menahan dan akhirnya jebol, mumpung tidak turun hujan warga dan perangkat desa menutup tanggul yang jebol,” bebernya.

“Kalau hujannya seperti ini, saya instruksikan ke perangkat desa untuk selalu waspada dan melakukan pengamatan tanggul, mengingat air dari atas gunung deras,” pungkasnya. (Ags)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.