Walikota Mojokerto Hadiri HUT Ke-200 dan Berangkatkan Kirab Budaya Klenteng Hok Sian Kiong

Kota Mojokerto, beritaterbit.com – Walikota Mojokerto Ika Puspitasari menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-200 dan memberangkatkan Kirap Ritual dan Budaya Klenteng Hok Sian Kiong Kota Mojokerto, Minggu (14/5/2023).

Untuk menyambut peringatan hari spesial tersebut, Kelenteng Hok Sian Kiong menyelenggarakan berbagai kegiatan. Mulai dari ritual keagamaan, pertunjukan kesenian, kegiatan sosial, hingga pawai kebudayaan yang digelar selama empat hari bertutut-turut, mulai dari tanggal 11 Mei sampai dengan 14 Mei 2023.

Dalam sambutanya, Walikota Mojokerto Ika Puspitasari menyampaikan ucapan selamat datang kepada 51 peserta pawai barongsai dari perwakilan Kelenteng dari seluruh Indonesia di Kota Mojokerto.

“Saya bersyukur sekali Kota Mojokerto mentasbihkan diri sebagai kota harmonis, ini terbuktikan pada tahun 2023 di HUT YM.Makco Thian Shang Seng MU Ke-1063 dan HUT Kelenteng Hok Sian Kiong Ke-200 ini tercipta kerukunan, keragaman dan kebhinekaan antar umat beragama di kota Mojokerto,” kata Ning Ita.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara berkelanjutan di setiap tahunnya. Karena itu bisa mendatangkan banyak kunjungan wisata di kota Mojokerto.

“Hok Sian Kiong adalah salah satu dinasti wisata sejarah yang layak diandalkan, kita unggulkan, kita sebarkan informasi ini keseluruh daerah bahkan ke mancanegara,” lanjut Walikota.

Masih Ning Ita, seperti yang menjadi program Pemkot Mojokerto sebagai Kota Wisata, Hok Sian Kiong bakal di rekomendasi sebagai salah satu tempat wisata yang di tawarkan dan tahun ini Kota Mojokerto, juga bakal membangun Taman Bahari dikawasan Rejoto dengan Alokasi Anggaran Rp 5 miliar.

“Selain membangun Taman Bahari, juga bakal dibangun tempat ibadah dari masing-masing 6 pemeluk umat beragama, yang luasnya sekitar 1 Hektar. Enam tempat ibadah bakal dibangun di satu tempat berdampingan, Ini adalah wujud bentuk kerukunan umat beragama, di Kota Mojokerto dan menjadikan Kota yang Humanis,” pungkas Ning Ita.

Tampak hadir yang mendampingi Walikota Mojokerto Hj Ika Puspitasari S.E, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto, Amin Wachid dan Supriyadi Karim Saiful suami dari Walikota Mojokerto. (Adv)

Penulis: Ariyanto

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.