Wako Deri Asta Apresiasi Pemdes Tumpuak Tangah yang Memberikan Edukasi Geopark pada Pelajar

Sawahlunto, beritaterbit.com – Walikota (Wako) Sawahlunto Deri Asta, SH menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Tumpuak Tangah yang telah memberikan edukasi Geopark kepada para Pelajar di Kota Arang itu.

Wako Deri Asta sangat mendukung kegiatan yang diikuti peserta sebanyak 220 orang pelajar SD dan SMP di Kecamatan Talawi tersebut.

“Kita mengapreasi dan berterima kasih kepada Pemdes Tumpuak Tangah dan Sawahlunto Geopark Youth Forum (SGYF) yang berkolaborasi melaksanakan kegiatan ini. Kita menilai dari kegiatan ini bagus sekali manfaatnya yakni memberikan edukasi kepada para pelajar mengenai Geopark yang merupakan salah satu kekayaan dan potensi alam di desa ini,” kata Wako Deri Asta pada saat menghadiri kegiatan Jalan Santai dan Edukasi Geopark Go To School di Puncak Botuang, Desa Tumpuak Tangah, Kecamatan Talawi.

Menurut Wako Deri Asta hal itu penting supaya kelak para pelajar yang merupakan generasi penerus itu tidak mengabaikan potensi dari Geopark itu.

“Karena sebenarnya banyak yang bisa diberdayakan dari potensi Geopark. Harapannya kalau anak-anak kita sudah mengenal dan memahami itu sejak dini maka ketika dewasa nanti mereka akan mendukung bagaimana Geopark ini diberdayakan sehingga lebih banyak dikunjungi dan lebih besar dampak sosial ekonominya terhadap masyarakat setempat,” lanjut Deri Asta menjelaskan.

Ketua Sawahlunto Geopark Youth Forum, Robert Ramadona mengatakan pelajar yang mengikuti kegiatan itu berasal dari SD Negeri 15 Kumanih Ateh, SD Negeri 03 Tumpuak Tangah dan SMP 05 Sawahlunto.

“Para pelajar ini memiliki keingintahuan yang besar mengenai Geopark. Itu terpantau tadi kami menerima banyak pertanyaan dari mereka tentang Geopark,” kata Robert.

Sementara Kepala Desa Tumpuak Tangah Rudi Gusliyanto menyebut pihaknya mengadakan kegiatan itu dengan tujuan agar potensi alam di Desa tersebut dapat dikenal dan dijaga oleh seluruh generasi termasuk generasi muda.

“Sekarang kawasan Puncak Sungai Botuang yang menjadi lokasi kegiatan kita sekarang ini sedang digarap menjadi Panorama atau Destinasi Wisata. Kita berharap kedepannya ini mejadi salah satu destinasi Wisata yang ramai dikunjungi sehingga memberikan dampak peningkatan ekonomi bagi masyarakat dan Kota Sawahlunto,” pungkas Rudi.

Penulis: Maryati

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.