Wakil Bupati Lebong Hadiri Acara Workshop, Mendorong Inovasi Kebijakan Penurunan Kemiskinan

Lebong, Beritaterbit.comBertempat di Hotel Pangeran Lebong pada hari Selasa tanggal (11/06/24) pagi, Wakil Bupati Lebong, Drs. Fahrurrozi M.Pd menghadiri acara Akar Global Inisiatif memfasilitasi Workshop “Mendorong Inovasi Kebijakan Program Penurunan Kemiskinan Daerah Berbasis Tata Kelola SDA yang Adil, Inklusif dan Berkelanjutan”.

Dalam kesempatan ini, sebagai kata sambutan pembuka dalam acara disampaikan Erwin Basrin dari Akar Global Inisiatif, bahwa tujuan workshop yang dilaksanakan pada hari ini adalah guna untuk mengumpulkan berbagai pemangku kepentingan yang terdiri dari pemerintah, akademisi, praktisi, serta masyarakat. Sehingga berbagi ide dan pengalaman dalam rangka menciptakan solusi inovatif untuk pengentasan kemiskinan di suatu daerah.

“Workshop ini bertujuan agar dapat menghasilkan strategi yang aplikatif dan berkelanjutan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin di Kabupaten Lebong,” pungkas Erwin.

Maka dari itu kita mengajak para peserta workshop ini untuk berbagi pengalaman dan ide-ide serta inovasi yang tujuannya untuk menemukan solusi kreatif yang dapat diaplikasikan dalam konteks lokal. Contohnya inisiatif kewirausahaan sosial yang menggabungkan keuntungan ekonomi dengan dampak sosial positif.

“Selain itu mungkin kita bisa mulai bagaimana mendorong Dana Bagi Hasil (DBH) sebagai bagian usaha kita untuk pengentasan kemiskinan,” bebernya.

Di hari bersamaan, Wakil Bupati Lebong, Drs. Fahrurrozi M.Pd menyampaikan kerja sama dan dukungan dari Akar Global Inisiatif merupakan kolaborasi yang sangat strategis. Menurutnya, dengan menjalin kemitraan yang kuat berbagai pihak dapat saling mendukung dan melengkapi dalam upaya pengentasan kemiskinan terutama di wilayah Kabupaten Lebong.

Sebab menurut pandangan kami, salah satu upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintahan Lebong adalah program MT II (Musim Tanam Kedua) yang tujuannya untuk meningkatkan produktivitas pertanian melalui optimalisasi penggunaan lahan pada musim tanam kedua.

“Dengan program ini terjadi peningkatan hasil panen di musim tanam kedua dan pendapatan petani meningkat sehingga kesejahteraan mereka terjamin,” jelas Wabup Lebong. (Adv)

Penulis: Halian S

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.