Waduk Widas Bening Masih Terbilang Tempat Wisata Favorit Di Saat Liburan

Madiun, Beritaterbit.com – Minggu (30/4/2023). Madiun memang memiliki banyak objek wisata yang sangat unik, salah satunya adalah Waduk Widas. Objek wisata yang terletak di Kecamatan Saradan ini sangat cocok untuk bersantai bersama dengan keluarga apalagi pas kalau liburan hari raya sangat ramai dan patut untuk di nikmati.

Anda ingin berkunjung ke suatu tempat wisata bersama dengan keluarga ataupun sahabat, namun masih bingung untuk menentukan ke mana? Kalau begitu coba saja kamu berkunjung ke objek wisata yang satu ini yaitu Waduk Widas. Waduk atau juga disebut dengan nama bendungan ini terletak di Desa Pajaran Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun sekitar 30 kilometer dari arah timur Kota Madiun yang berbatasan dengan Kabupaten Nganjuk, kalau dari Nganjuk sangat dekat. Objek wisata ini memiliki pesona yang sangat bagus untuk daya pikat pengunjung maka dari itu sangat disayangkan apabila kamu sedang berada di Madiun namun tidak menyempatkan diri untuk berkunjung ke Waduk Widas.

Waduk ini merupakan dari daerah Aliran Sungai Brantas dan pengelolaan Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan yang disingkat KPH. Dengan suasana alam yang masih terbilang asri, bendungan dengan areal yang cukup luas ini sering digunakan untuk kegiatan Pramuka. Hal ini dikarenakan lokasi dari Waduk Widas cukup representatif untuk melakukan kegiatan perkemahan. Selain berfungsi sebagai objek wisata, Waduk Widas juga digunakan untuk keperluan pembangkit listrik. Nah penasaran kan yang bagi belum ke sana.

Wisata waduk ini juga memiliki fasilitas penunjang yang cukup baik, semua fasilitas tersebut disediakan agar para pengunjung merasa nyaman ketika berada di Waduk. Tak jauh dari objek wisata tersebut telah terdapat area parkir untuk kendaraan roda dua maupun empat . Rest area juga telah tersedia di sekitar kawasan Waduk Widas untuk pengunjung yang ingin melepas penat dan lelah ataupun sekedar bersantai selama berada di sana. Tempat pemancingan pun juga ada. Penyewaan canoe, speed boat juga disediakan di sekitar kawasan bendungan tersebut.

Dermaga perahu yang cukup luas dan aman. (Beritaterbit.com/Gendro)

Tak lupa tempat beribadah juga terletak tak jauh dari luar kawasan untuk pengunjung yang ingin melaksanakan kewajibannya setelah selesai berkunjung ke Waduk Widas. Selain itu, kamu juga akan menemukan rumah makan, angkringan, yang letaknya cukup berdekatan dengan tempat beribadah. Waduk Widas juga merupakan tempat yang cocok lho untuk kamu yang ingin berfoto ria bersama dengan sahabat maupun keluarga, kan sia-sia apabila kamu tidak mengabadikan berbagai momen bersama dengan mereka ketika berada wisata waduk.

Kalau pun kamu ingin berfoto ria di objek wisata Waduk Widas bersama dengan sahabat ataupun keluarga, kamu harus tahu beberapa spot berfoto sehingga hasil fotomu nanti akan terlihat keren. Kamu dapat berfoto dengan latar belakang dari waduk tersebut ataupun ketika melakukan kegiatan memancing. Jika ingin hasilnya lebih bagus lagi, kamu dapat berfoto pada saat sore atau pagi hari sebab Waduk Widas akan memiliki panorama yang sangat memikat ketika matahari terbit maupun terbenam. Dijamin deh hasil foto kamu nanti akan terlihat lebih keren.

Anda ingin berkunjung ke objek wisata Waduk Widas pastinya harus tahu lokasi dan akses jalannya, akses jalan untuk menuju ke sana terbilang cukup mudah. Jika sedang berada di Madiun, kamu dapat melalui Jl. Raya Madiun-Nganjuk yang merupakan rute atau jalur tercepat untuk menuju Waduk Widas.

Itulah ulasan singkat mengenai objek wisata Waduk Widas, objek wisata yang cocok untuk tempat bersantai keluarga. Jangan lupa untuk menerapkan berbagai tips yang tersedia di atas ya, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat menikmati liburanmu.

Reporter: Gendro

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.