Wabup Richi: Mari Galakkan Kegiatan Kembali Ke Surau, Masjid dan Mushala

Tanah Datar (SUMBAR), beritaterbit.com – Wakil Bupati (Wabup) Tanah Datar Richi Aprian, SH, MH mengajak masyarakat Luhak Nan Tuo untuk kembali ke Surau, Masjid atau Mushala. Surau, Masjid, Mushala tidak semata-mata tempat beribadah saja, namun juga tempat berkumpul dan melakukan silaturahmi, diskusi, bertukar pikiran.

Seperti kegiatan Pelaksanaan Wirid Yasinan.Jika generasi muda aktif mengikuti kegiatan Wirid Yasinan maka akan mampu memberikan peningkatan Iman dan Ketaqwaan kepada Allah SWT yang akan menjadi benteng dirinya dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi saat ini.

“Sampai akhir 2022 lalu ada data bahwa masih ada anak usia belasan yang sudah menjadi ibu dan melahirkan, bahkan beberapa waktu lalu ada seorang anak yang ditinggal orangtuanya selepas dilahirkan di sebuah mushalla. Ini tentu menjadi sesuatu yang miris bagi kita semua,” sampai Wabup Richi Aprian pada saat menghadiri Wirid Yasinan di Masjid Nurul Aman Pialai, Jorong Balimbing, Nagari Balimbing, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar.

Makanya, ungkap Wabup lagi, Babaliak ka Surau, Musajik ataupun Mushalla (Kembali ke Surau, Masjid maupun Mushala) harus kembali digalakkan lagi, terutama bagi generasi muda untuk meningkatkan imannya sehingga tidak melakukan kegiatan negatif yang akan merugikan diri sendiri.

“Mengapa hal itu menjadi penting, karena kembali ke Surau, Masjid ataupun ke Mushalla akan mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT yang juga sejalan dengan salah satu Progul Pemerintah Daerah Satu Rumah Satu Hafiz/Hafizah, tujuannya menciptakan generasi unggul penghafal Al Qur’an yang handal dan tangguh,” sampainya.

Karena itulah, tambah Richi, kerjasama, sinergi dan dukungan semua pihak untuk mengajak generasi muda kita untuk turut hadir dalam kegiatan keagamaan seperti malam ini sangat diharapkan.

“Tugas kita semua, tidak hanya pemerintah daerah, namun juga orangtua, ninik mamak dan lainnya di Nagari untuk menjaga anak generasi muda kita, dan mendorong menjadi generasi handal sebagai penerus bangsa di masa datang,” ujarnya.

Terakhir Wabup Richi juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas undangan dan pelaksanaan kegiatan Wirid Yasinan di Jorong Balimbing Nagari Balimbiang. Wabup berharap kegiatan itu dapat yang rutin dilaksanakan,sehingga dapat meningkatkan silaturahmi dan apabila ada perwakilan dari Pemerintahan yang hadir maka dapat mendengar masukan, saran, kritikan serta keinginan masyarakat secara langsung.

Sebelumnya Pengurus Masjid Nurul Aman ustad Azumar menyampaikan terima kasih atas kedatangan Wabup bersama rombongan.

“Terima kasih kepada pengurus Yasinan Jorong Balimbiang yang menjadikan masjid Nurul Aman sebagai tuan rumah, dan kedatangan pak Wabup menjadi kebahagiaan bagi kami semua jamaah yang hadir malam ini,” sampainya.

Hal sama disampaikan ketua Yasinan Jorong Balimbiang Arman Jas dan tokoh masyarakat Nasrul A yang menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan Wabup menghadiri Wirid Yasinan Jorong Balimbiang Nagari Balimbiang.

“Alhamdulillah, dalam wirid yasinan yang baru kali kedua dilaksanakan malam ini, telah dihadiri langsung pak Wabup bersama rombongan. Insya Allah, kegiatan ini akan kita laksanakan secara rutin sekali sebulan,” katanya.

Di kesempatan itu juga Camat Rambatan Roza Melfita menyampaikan, Pemerintah Kecamatan juga sangat mendukung kegiatan keagamaan seperti wirid yasinan tersebut.

“Kita sangat mendukung kegiatan seperti ini karena sejalan dengan Visi Tanah Datar Terwujudnya Kabupaten Tanah Datar yang berlandaskan ABS SBK,” sampainya.

Dan sebagai Camat yang baru dilantik, Roza juga berharap dukungan dan kerjasama semua pihak, terutama seluruh masyarakat Kecamatan Rambatan dalam melaksanakan berbagai program pembangunan.

Turut hadir dalam kegiatan Sabtu malam (21/01) tersebut Seknag Rambatan, KAN, BPRN, Bundo Kanduang Nagari Rambatan dan undangan lainnya diakhiri dengan tausyiah yang disampaikan Ustad Syahril Ramadhan. (MR/pkp)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.