Upacara Penaikan Bendera HUT RI Ke-77 Tanah Datar Digelar di Istano Basa Pagaruyung

Tanah Datar (SUMBAR), beritaterbit.com – Upacara Penaikan Bendera HUT RI Ke-77 di Kabupaten Tanah Datar digelar di halaman Istano Basa Pagaruyung, Rabu (17/08). Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam upacara tersebut adalah Bupati Eka, SE,MM.

Selain sebagai lokasi Upacara Penaikan Bendera, Istano Basa Pagaruyung yang merupakan ikon pariwisata Tanah Datar maupun Sumatera Barat itu juga ditetapkan sebagai lokasi pelaksanaan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 77 Tahun 2022 di Kabupaten Tanah Datar.

Upacara turut dihadiri Wakil Bupati Richi Aprian, Forkopimda Tanah Datar dan Padangpanjang, Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Mantan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Ketua TP PKK, Ketua GOW, Para Asisten, Lepala OPD dan undangan lainnya.

Upacara Penaikan atau Pengibaran bendera Merah Putih bertujuan untuk menumbuh kembangkan rasa kebangsaan dan patriotisme, melatih kedisiplinan serta memiliki makna penghormatan atas jasa para Pahlawan yang telah memperjuangkan Kemerdekaan RI sehingga sampai kondisi saat ini.

Selepas masa Pandemi Covid 19, pelaksanaan Upacara Peringatan HUT RI sedikit berbeda karena Pemerintah Kabupaten/Kota melaksanakan upacara sedari pukul 7.00 WIB secara langsung di lokasi yang ditetapkan, kemudian dilanjutkan dengan mengikuti pelaksanaan detik-detik Proklamasi secara online dari Istana Negara Republik Indonesia.

Untuk Tanah Datar Bupati, Wakil Bupati dan bersama undangan lainnya melaksanakan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Indojolito Batusangar.

Selepas upacara, Bupati Eka Putra bersama Wabup Richi Aprian dan Sekretaris Daerah Iqbal Ramadi Payana menyematkan Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada PNS masa kerja 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun.

Kemudian juga launching Inovasi “Kirana” yakni Fasilitasi Kartu Identitas Anak (KIA) kerjasama antara Dinas Dukcapil Kabupaten Tanah Datar dengan Bank Nagari Batusangkar. Launching ini dengan memberikan voucher saldo untuk pembukaan tabungan di Bank Nagari untuk 600 anak usia 5 sampai 17 tahun kurang sehari dan diterima secara simbolis 10 orang anak. (MR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.