Umuslim Kirim Mahasiswa Kuliah Ke NGU Jepang

Bireuen, Beritaterbit.com – Universitas Almuslim (Umuslim) Bireuen, Aceh mengirimkan satu mahasiswa kuliah selama satu tahun (dua semester-red) tahun 2023 ke Nagoya Gakuin University (NGU) Jepang dan akan berangkat tanggal 20 Maret 2023 melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Pengiriman mahasiswa telah diselektif kemampuan berbahasa Inggris dan Jepang selama ini dengan baik. Agar nantinya disana tidak menjadi hambatan kuliah selama berada di NGU Jepang.

Mahasiswa yang mendapat kesempatan kuliah di NGU Jepang adalah Muhammad Arfan Fiqhey dari Prodi Hubungan Internasional (HI) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Pelepasan keberangkatan Muhammad Arfan Fiqhey bersamaan dengan kembali pulang 3 mahasiswi Umuslim yang telah selesai kuliah selama 1 tahun atau 2 semester di NGU Jepang. Acara pelepasan dan penyambutan dilaksanakan di ruang rapat kampus Ampon Chiek Peusangan Umuslim.

Hadir pada acara tersebut mewakili Rektor Dr Halus Satriawan M.Sc, Dosen NGU yang selama ini bertugas di Unimus Prof Natsuko Saeki, para Dekan dilingkup Unimus, Ka. Prodi HI, Ketua Senat Ir Zahrul Fuadi M.Si, Ka Prodi Bahasa Inggris Dr Silvi M.Pd, Ketua Hubungan Internasionsl Fauzi S.IP, MA.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Dr Halus Satriawan M.Sc berharap, agar Muhammad Arfan Fiqhey selama di NGU dapat mengikuti kuliah dengan sungguh-sungguh dan disiplin. Jepang merupakan negara yang sangat disiplin dan teguh pendirian sehingga maju dalam berbagai aspek kehidupan.

Kemudian tetap menjaga nama baik Universitas Almuslim dan Aceh yang taat beragama. Disana tentu akan bergabung dengan berbagai mahasiswa dari berbagai negara yang sedang kuliah di NGU Jepang. Berarti Muhammad Arfan sekarang sudah Go Internasional selama 1 tahun. Tentu suatu pengalaman yang sangat berharga dalam menata kehidupan untuk masa akan datang.

Muhammad Arfan Fuqhey sangat berterima kasih kepada Bapak Rektor Unimus Dr Marwan M.Pd beserta Wakil Rektor, Dekan Fisipol Rahmad S.IP, M.AP, Ka Prodi HI serta seluruh dosen dan teman teman mahasiswa Unimus atas keberhasilannya mendapat kesempatan kuliah di NGU Jepang. Agar dapat mengikuti kuliah dengan baik sebagaimana pesan orang tua dan dosen. Kemudian harapannya agar setiap tahun selalu ada mahasiswa Umuslim yang bisa kuliah di NGU Jepang.

Kemudian 3 mahasiswi yang sudah menyelesaikan program pertukaran mahasiswa di NGU Jepang selama 1 tahun, Amelia Rizkiani (Prodi Bahasa Inggris), Raihan Hayati dan Qurrata Ayun (Prodi PGSD).

Ditempat terpisah Rektor Umuslim Dr Marwan M.Pd kepada Beritaterbit.com mengatakan, bahwa Umuslim setiap tahun dapat mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti kuliah di NGU Jepang. Program ini merupakan implementasi  kerjasama yang telah terjalin antara Unimus dan NGU Jepang sejak tahun 2016 yang lalu.

“Program ini terus dipertahankan dengan mengirimkan mahasiswa dan dosen Universitas Almuslim Bireuen ke NGU Jepang. Untuk itu kita persiapkan tenaga skill dosen membimbing mahasiswa trampil berkomunikasi dan berbahasa. Juga punya kecakapan knowledge, pengetahuan dan sains. Ini penting agar bisa bersaing dengan mahasiswa lainnya dari berbagai negara.

Kemudian ditambahkan Dr Marwan, bahwa program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pertukaran mahasiswa ke luar negeri yang menjadi prioritas bagi setiap lembaga pendidikan yang telah dicanangkan oleh Dirjen Dikti Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

“Harapan kita adanya pertukaran mahasiswa ini  terus berlanjut untuk melahirkan lulusan Umuslim, siap menghadapi tantangan global masa akan datang,” ujar Rektor Marwan.

Penulis: Faiz

Editor: Wulan

1 Komen
  1. Via berkata

    Alhamdulillah, semoga sukses dan berjaya selalu Universitas Almuslim. Untuk Arfan Fiqhey semangat dan tetap konsisten dengan apa yang di cita-citakan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.