Uban di Kepala

Tumbuh uban di kepala belum tentu itu tanda usia sudah tua. Bisa jadi sejenis penyakit pada rambut. Bisa karena tidak sesuai minyak rambut atau ada faktor lain. Saya pernah mengalami semasa PGA hampir rata uban tumbuh di kepala. Alhamdulillah bisa diobati dengan menggunakan biji pepaya.(yang mau resepnya silahkan japri). 

Pun mungkin bisa jadi faktor genetika atau keturunan. Jika memang sudah dewasa di atas 40 tahun tentu ini uban karena faktor usia. 

Yang perlu direnungkan adalah uban bukan sekedar fenomena biologis biasa yang akan dialami manusia pada umumnya dalam kehidupan, tetapi di balik itu merupakan isyarat teologis agar seseorang mulai menghindari sebanyak mungkin dosa-dosa kecil apalagi dosa besar. Oleh karena sedemikian penting makna uban di kepala, maka tidak selayaknya rambut putih itu sengaja dipadamkan cahayanya dengan mengembalikannya ke warna aslinya yaitu warna hitam dengan cara menyemir rambut. Sebab kata Sayyid Abdullah Al-Haddad beliau menjelaskan “Mengubah warna uban dengan warna kuning atau merah itu mustahab (disukai hukumnya mubah/boleh), tetapi mengubahnya dengan warna hitam adalah haram kecuali bagi mujahid (orang yang sedang berperang) di jalan Allah sebagai strategi untuk mempertakuti orang-orang kafir.” 

Maka biarkanlah uban yang tumbuh di kepala tetap alami dengan warna putih sebab kelak uban tersebut akan menjadi cahaya di akhirat. (Salam UJH)

Pagar Dewa, 01042021

(Pesan Harian UJH edisi Kamis 1 April 2021)

#kamibersamaUJH

#UJHmengabdi

#pesanharianUJH

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.