Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat, Seluruh Perangkat Desa se-Kecamatan Pacet Ikuti Pelatihan

Kab. Mojokerto, beritaterbit.com – Dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta untuk meningkatkan pengetahuan aparatur pemerintah desa, seluruh Perangkat Desa se-Kecamatan Pacet Ikuti pelatihan peningkatan kapasitas kepala desa dan perangkat desa se-Kecamatan Pacet, yang berlangsung di Hotel Arayanna, Trawas, Rabu (17/5/2023).

Kegiatan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa yang diinisiasi oleh paguyuban kepala desa Kecamatan Pacet itu, diikuti sedikitnya 60 peserta, meliputi seluruh Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Bendahara se-Kecamatan Pacet. Pelatihan bagi aparatur pemerintahan desa itu juga turut dihadiri Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, Kepala DPMD Kabupaten Mojokerto Yudha Akbar Prabowo dan perwakilan dari inspektorat Kabupaten Mojokerto.

Dalam arahannya, Bupati Ikfina mengungkapkan, bahwa tugas pemerintah desa sebagai penyelenggara pemerintahan yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat. Maka dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, Ia meminta, seluruh perangkat desa harus memahami aturan yang berlaku.

“Saya minta tolong kepada anda semuanya sebagai penyelenggara pemerintah desa dalam memberi pelayanan anda harus tahu pegangannya yang berlaku sehingga kalau ada apa-apa anda semuanya mendapatkan perlindungan,” ungkapnya.

Bupati Ikfina juga mengatakan, saat ini terdapat skala prioritas yang harus dilaksanakan oleh pemerintah desa, seperti pengentasan kemiskinan terkait dengan kemiskinan ekstrem, penurunan stunting yang dapat menyebabkan ketika dewasa kecerdasannya 20 persen di bawah standar.

Selanjutnya, penggunaan produk dalam negeri sebagai upaya untuk menggerakkan ekonomi negara. Hal tersebut juga didukung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk belanja barang dengan memakai produk dalam negeri minimal 40 persen.

“Serta menciptakan iklim investasi yang dapat membuat investasi di wilayah kita ini tumbuh dengan baik,” bebernya.

Orang nomor satu dilingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto juga menjelaskan, bahwa dalam melaksanakan pembangunan di Bumi Majapahit untuk mengembangkan ekonomi suatu wilayah tidak hanya tergantung pada sektor pertanian, akan tetapi diperlukan pemberdayaan terhadap masyarakat untuk menciptakan kondusifitas suatu wilayah.

“Bagaimana warganya ini bisa merespon terkait dengan potensi yang dimiliki suatu kawasan wisata. Desa bisa memiliki suatu kemajuan dengan pemberdayaan dari semua masyarakatnya dan masyarakat tidak menyerahkan semuanya kepada pemerintah desa tetapi juga harus dilibatkan, baik itu dalam penurunan angka kemiskinan harus ada pemberdayaan dari masyarakat dan peran penting juga sumber daya dari masyarakat,” ungkapnya.

Bupati Ikfina juga berharap, pemerintah desa agar dapat melaksanakan tugas pelayanan dengan baik. Hal tersebut perlu dilakukan, karena Ia menilai, berjalan suatu pemerintahan bisa berjalan dengan baik sangat diperlukan dukungan pemerintah desa yang ada di wilayah Kabupaten Mojokerto.

“Kita bersama-sama memberikan pelayanan yang semakin hari semakin lebih baik dan membekali diri kita dan pengetahuan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku terutama yang menjadi pegangan kita dalam melaksanakan tugas,” pungkasnya.

Penulis: Ariyanto

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.