Tindak Lanjut Pengoperasian KA Mak Itam, Wako Deri Asta Tandatangani Perjanjian Kerjasama dengan PT KAI

Sawahlunto (SUMBAR), beriterbit.com – Sebagai tindak lanjut pengoperasian Kereta Api (KA) “Mak Itam”, Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto bersama PT. KAI Divisi Regional II Sumatera Barat sepakat mengadakan kerjasama agar Mak Itam dioperasikan seminggu sekali.

Dilansir dari laman Facebook Humas Pemko Sawahlunto, Sabtu (28/01/2022) Penandatangan Perjanjian Kerja Sama tentang Pengoperasian Kereta Api Uap Mak Itam dari Sawahlunto ke Muaro Kalaban dilaksanakan Walikota (Wako Deri Asta) bersama Vice President PT. KAI Divisi Regional II Sumbar Sofan Hidayah dilaksanakan pada Rabu 25 Januari 2023.

Deri Asta menyampaikan, perjanjian kerja sama ini mengatur secara teknis uraian hak dan kewajiban dari kedua belah pihak untuk mengoperasikan Kereta Api Wisata Lokomotif Uap E1060 Mak Itam.

“Dalam perjanjian itu disepakati bahwa kereta api Mak Itam dijalankan satu kali seminggu pada hari Minggu dijadwalkan sekitar pukul 10.00 WIB. Penumpang akan dibawa menggunakan satu gerbong yang memuat maksimal sebanyak 30 orang,” ujar Wali Kota Deri Asta merinci.

Deri Asta juga sampaikan, menikmati jalan-jalan dengan Kereta Api Mak Itam ini cukup merogoh kocek Rp 50.000,-/orang.

“Satu kali perjalanan pulang pergi itu yakni penumpang akan dibawa dari Stasiun Kereta Api Sawahlunto menuju Stasiun Kereta Api Muaro Kalaban dan kemudian diantarkan kembali pulang ke Stasiun Kereta Api Sawahlunto,” ujar Wali Kota Deri menjelaskan.

Pengoperasian itu, kata Wali Kota Deri Asta akan dimulai dalam waktu dekat ini.

“Ini sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat apalagi para pencinta kereta api sejak Mak Itam diresmikan Menteri BUMN Erick Tohir pada bulan lalu. Memang ada jeda waktu setelah itu, karena sebelum kereta mulai beroperasi antara Pemko dan PT. KAI harus rampung dulu kesepakatan mengenai teknis hak dan wewenang masing-masing pihak, Alhamdulillah sekarang sudah clear (selesai) kesepakatan itu,” tambah Deri Asta.

Semantara Vice President PT. KAI Divre II Sumbar Sofan Hidayah menyebut, selain Lokomotif Uap E1060 Mak Itam pihaknya juga menyiapkan Lokomotif Diesel nomor seri BB 3037804 untuk mendukung pengoperasian Kereta Api dari Sawahlunto ke Muaro Kalaban itu.

“Jadi dalam perjanjian kerja sama ini, PT. KAI berkewajiban untuk mempersiapkan rangkaian, awak (personel) dan prasarana untuk mengoperasikan kereta api ini,” tutup Sofan.

Penulis: Humas Pemko Sawahlunto/Maryati/pkp

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.