Tiga Kampung di Kabupaten Paniai Alami Longsor

Paniai, beritaterbit.com – Akibat hujan deras dari Jumat sore (14/10/2022) hingga Sabtu pagi (15/10/2022) mengakibatkan 3 kampung di Distrik Ekadide, Kabupaten Paniai mengalami longsor.

Ketiga kampung yang tertimpa longsor tersebut masing-masing Kampung Pasir Putih, Kampung Kenepugi dan Kampung Iteuwo.

Warga kehilangan berbagai harta benda dan ada rumah yang rusak akibat bencana longsor ini, namun dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa.

Menurut salah satu warga Yulianus Bunai kepada media beritaterbit.com dirinya mengatakan, dampak dari musibah longsor telah mengakibatkan warga kehilangan harta benda, ternak babi bahkan salah satu gereja juga terkena longsor.

“Terjadi longsor karena tadi malam hujan mulai dari sore sampai pagi, sehingga terjadi longsor di tiga kampung yaitu Kenepugi, Pasir Putih 1 titik, Kopabaida 8 titik dan Iteuwo 2 titik,” kata Yulianus.

Di wilayah Waiyamo memang sering terjadi longsor namun sudah lama belum terjadi longsor sehingga tadi malam hanya karena hujan akhirnya tadi malam terjadi longsor di 11 titik.

“Tadi malam terjadi longsor itu juga memang pantas karena wilayah Waiyamo itu tidak ada kayu besar yang bisa menahan tanah sehingga bisa terjadi mengakibatkan longsor. Dan sampai saat ini warga yang rumahnya terkena longsor sudah pindah sementara tinggal di teman aman,” tuturnya.

Warga berharap kepada Pemerintah Kabupaten Paniai agar bisa melakukan reboisasi atau penanaman pohon kembali sehingga bisa mencegah terjadinya longsor ke depannya.

Reportase: Jeri P Degei

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.