Terus Berbenah, Pemkot Mojokerto Gelar Asistensi RB dan SAKIP Serta Revisi Asistensi Pohon Kinerja RPD Kota Mojokerto

Kota Mojokerto, beritaterbit.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto menggelar Asistensi Reformasi Birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP), serta Asistensi Revisi Pohon Kinerja Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kota Mojokerto, bersama Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas, Aparatur dan Pengawasan II, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia, Budi Prawira, Jumat (19/5/2023).

Asistensi tersebut dilaksanakan di Ruang Sabha Mandala Madya Kantor Pemerintah Kota Mojokerto, diikuti oleh seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan dikawal langsung oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.

“Harus difahami SAKIP ini mengukur sejatinya sejauh mana pemerintah daerah merumuskan kegiatan yang memiliki dampak langsung kepada masyarakat. Untuk memahami hal tersebut harus memiliki pemahaman yang sama bagaimana menerapkan SAKIP dalam OPD masing,” ujar Wali Kota Mojokerto.

Lebih lanjut sosok wali kota yang akrab disapa Ning Ita tersebut berharap melalaui asistensi bersama Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas, Aparatur dan Pengawasan II, Kemenpan RB ini akan membawa progres lebih baik untuk nilai SAKIP Kota Mojokerto.

“Sudah 8 tahun berturut-turut nilai SAKIP kita tidak mengalami progres, stagnant dengan nilai B, padahal kita memiliki target A di tahun 2023 ini, perlu dikuatkan kembali komitmen seluruh kepala OPD wajib memahami bagaimana menerapkan SAKIP di OPD nya masing-masing, tidak hanya di serahkan kepada jajarannya,” terang Ning Ita.

Diharapkan, seluruh OPD di Lingkungan Pemkot Mojokerto dapat berkolaborasi dan bersinergi melalui program ‘cross-cutting’ atau program yang dilakukan secara bersama-sama guna memberpaiki nilai SAKIP Kota Mojokerto.

Selain Kepala OPD, Ning Ita juga ingin agar Tim Evaluator internal di Lingkungan Pemkot Mojokerto juga memiliki kesamaan pandangan terkait SAKIP.

“Tolong forum ini dimanfaatkan dengan benar, mari kita belajar bersama-sama, semoga dengan kehadiran Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas, Aparatur dan Pengawasan II Kemenpan RB pada hari ini dapat meningkatkan komitmen seluruh jajaran yang ada di Pemkot Mojokerto,” tegasnya.

Penulis: Ariyanto

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.