Terkait Vaksinasi Covid-19, Dinkes Kota Padang Akan Lakukan Sosialisasi dan Edukasi

Padang (SUMBAR), beritaterbit.com –Terkait Covid-19, Dinas Kesehatan Kota Padang tetap akan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas tentang apa itu Vaksin Covid-19 serta manfaatnya bagi kesehatan dan pencegahan bahaya Virus Corona.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani pada acara Launching Penggunaan Vaksin Covid-19 Kota Padang yang dibuka secara resmi oleh Walikota Padang Mahyeldi.

Menurut keterangan Humas Pemko Padang dalam rilisnya hari ini launching digelar Jumat pagi (15/1/2021) kemaren di Puskesmas Padang Pasir, Kecamatan Padang Barat.

Feri Mulyani katakan vaksinasi Covid-19 ini akan dilakukan di 72 fasilitas layanan kesehatan. Yakni puskesmas, klinik-klinik yang telah atau belum bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dan beberapa rumah sakit di wilayah Kota Padang dengan sasaran maksimal sebanyak 592.168 orang dengan usia rata-rata 18-59 tahun.

Feri menjelaskan alur vaksinasi akan dilakukan melalui 5 tahapan. Pertama peserta vaksinasi harus melakukan registrasi; pemeriksaan kesehatan; penyuntikan vaksin Covid-19; pengentrian data secara elektronik serta observasi di ruangan observasi .

“Kita perlu mengetahui, masyarakat harus tetap diberikan edukasi. Meskipun vaksinasi Covid-19 ini penting, namun protokol kesehatan harus senantiasa dilakukan dengan ketat dimana saja kita berada. Yaitunya menggunakan masker kemana bepergian, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak aman,” jelasnya.

“Kita tentu berharap, semoga penggunaan vaksin Covid-19 ini berjalan dengan lancar. Karena pelaksanaannya akan dipantau sepenuhnya oleh kita di Dinas Kesehatan Kota Padang dan juga instansi terkait lainnya,” harap Feri Mulyani menambahkan.

Lebih lanjut Feri Mulyani menerangkan, untuk tahap awal vaksinasi di Kota Padang penerima vaksin yaitu kepada seluruh tenaga kesehatan (nakes) sebanyak 9.128. Kemudian ditambah sepuluh orang tokoh saat launching penggunaan vaksin. Pada tahap pertama ini dibutuhkan sebanyak 18.276 dosis. (Z.Z/MR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.