Tapping Box Untuk Peningkatan PAD

Berita Terbit, Bengkulu – Wali Kota Bengkulu H. Helmi Hasan melaunching sekaligus meresmikan penggunaan pajak online menggunakan Tapping Box di Restoran Siantar Sea Food, Kelurahan Penurunan, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu (03/10).

Ini sebagai upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor pajak dan mendukung transparansi pembayaran pajak oleh wajib pajak,

“Yang harus dipahami, aplikasi ini bukan mengambil keuntungan dari pengusaha. Tapi ini memang menjadi hak pemerintah. Sebagai contoh, orang yang menginap di hotel akan otomatis terkena pajak saat melakukan pembayaran. Pihak hotel tidak akan ada kerugian”,  terang Wali Kota Helmi Hasan.

Hal ini juga sebagai upaya,  untuk mendorong sekaligus memotivasi wajib pajak agar taat pajak. Pemerintahpun akan memberikan penghargaan kepada mereka yang taat pajak.

Wali Kota Helmi Hasan memaparkan, kini sudah ada 100 unit alat Tapping Box yang siap dipasangkan pada wajib pajak. “Alat ini telah terpasang di 23 lokasi yang berbeda. Ada 11 lokasi yang sedang yang dalam proses. Sisanya akan dipasang dalam waktu dekat.

“Alat ini terkoneksi melalui jalur internet ke mesin kasir restoran dan perhotelan. Dengan demikian, pembayaran tagihan secara otomatis terpantau pajak. Tapping box akan terkoneksi langsung dengan server yang ada di Badan Pendapatan Daerah,” papar Helmi di hadapan Wakil Wali Kota, Sekretaris Daerah, Direktur Bank Bengkulu, Ketua DPRD Kota Bengkulu, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah, pelaku usaha  dan undangan lainnya.(ADV)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.