Tanggap COVID-19 Hingga ke Desa, Wagub Dedy: ‘Pemerintah Kerahkan Seluruh Sumber Daya’

Bengkulu, beritaterbit.com – COVID-19 perlu melibatkan peran setiap lini pemerintahan hingga ke level paling bawah. Seperti pembentukan Gugus Tugas percepatan penanganan COVID-19 harus dibentuk hingga tingkat desa ataupun lingkungan rukun tetangga.

Wakil Gubernur Bengkulu Dedy Ermansyah meminta Gugus tugas penanganan COVID-19 dibentuk hingga tingkat RT/Desa, hal ini dimaksud guna menekan penyebaran virus corona disease (COVID-19) di masyarakat. Dan saling bersinergi dengan Babinsa maupun Bhabinkamtibmas di wilayah tersebut.

“Salah satu ujung tombak penanganan kasus COVID-19 yaitu ketua RT/Kades serta aparat keamanan setempat sebagai perpanjangan pemerintah di masyarakat. Merekalah yang paham situasi dan tahu siapa warga baru yang masuk di wilayah itu, jadi perannya sangat vital apalagi menjelang bulan ramadhan banyak masyarakat yang kembali ke daerah,” ungkap Dedy usai video conferense bersama tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Bengkulu di ruang pola pemda provinsi, Selasa (14/4).

Dedy menambahkan, RT maupun Kades perlu mengedukasi setiap masyarakat yang tiba dari zona merah untuk mengisolasi secara mandiri, dan mengawasi serta melaporkan jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu kepada Gugus Tugas daerah.

“Nanti juga, RT maupun Kades diharapkan mampu memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana penanganan COVID-19, seperti melaksanakan protokol kesehatan, menjalani isolasi mandiri selama 14 hari, dan melapor jikalau ada gejala kesehatan,” jelas Dedy. (adv)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.