Tanggap Bencana, Bupati Eka Putra Turun Langsung Tinjau Banjir dan Jalan Longsor di Sungai Tarab

Tanah Datar (SUMBAR), beritaterbit.com – Hujan deras yang melanda Kota Batusangkar dan sekitarnya, Sabtu siang hingga Minggu dini hari ( 1-2/10/2022) mengibatkan kurang lebih 10 buah rumah warga di Jorong Tiga Batur, Nagari Sungai Tarab, Kecamatan Sungai Tarab terendam air hingga ketinggian lebih kurang 1 meter. Tidak hanya itu ruas jalan dari Tiga Batur menuju Minangkabau juga mengalami longsor.

Tanggap akan bencana tersebut Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM didampingi Kapolres Tanah Datar AKPB Ruly Indra Wijayanto, S.IK, M.Si, Anggota DPRD Tanah Datar, Beni Apero, Amd serta BNPB Tanah Datar turun langsung meninjau lokasi bencana, Minggu (02/10/2022).

Rombongan Bupati Eka Putra diterima dan didampingi langsung oleh Camat Sungai Tarab, Arianto, S.STP, Polsek Sungai Tarab, Wali Nagari Sungai Tarab, Romi Candra, Wali Jorong Tiga Batur serta puluhan masyarakat yang turut menyaksikan kondisi bencana tersebut.

Menurut salah seorang warga yang rumahnya ikut terkena bencana, kronologi kejadian berawal dari hujan lebat yang mengguyur Jorong Tiga Batur Sabtu (01/10) menjelang waktu Magrib.

“Semakin malam, hujan turun semakin deras.Sekira pukul 02.00 dini hari terdengar suara hantaman yang begitu besar, kemudian tiba-tiba air masuk kedalam rumah dan banyak ikan di dalam rumah.Saya kira langit runtuh, rupanya banjir,” ujarnya.

Setelah dilihat, penyebab banjir adalah Kolam Ikan milik salah seorang Warga (Masnepi) dihantam air yang begitu deras sehingga tanggulnya jebol dan air mengalir masuk ke dalam rumah-rumah warga, sehingga menyebabkan banjir. Namun warga sekitar langsung tanggap dan bahu-membahu melakukan Gotong-royong membersihkan rumah warga yang terkena banjir serta menyelamatkan dan mengamankan barang-barang pemilik rumah agar tidak rusak.

Bupati Eka Putra yang meninjau langsung lokasi mengucapkan turut prihatin atas bencana yang menimpa masyarakat Jorong Tiga Batur.

“Atas nama Pemerintah Daerah, Saya turut prihatin atas bencana yang mimpa warga Jorong Tiga Batur ini. Namun saya mengucapkan apresiasi dan sangat berterima kasih, begitu Saya sampai disini semuanya sudah beres, sudah dibersihkan. Sungguh luar biasa semangat gotong- royong warga Tiga Batur ini,” ujar Bupati Eka Putra.

Setelah meninjau rumah warga, Bupati beserta rombongan melanjutkan meninjau jalan yang longsor di Bukit Ambalau.

Bupati katakan, Pemerintah Daerah melalui Dinas terkait akan segera menindaklanjuti jalan yang longsor tersebut.

“Kepada BNPB dan Dinas terkait agar segera untuk dilakukan perbaikan jalan yang longsor ini, karena selain membahayakan pengguna jalan, kalau terlalu lama dibiarkan akan berpotensi menyebabkan kerugian yang lebih besar lagi. Jadi mohon segera ditindaklanjuti sebelum longsornya makin melebar,” tandas Eka Putra.

Sementara Wali Nagari Sungai Tarab, Romi Candra atas nama masyarakat Sungai Tarab khususnya Jorong Tiga Batur mengucapkan terima kasih atas kunjungan Bupati Eka Putra yang cepat tanggap dan langsung mendatangi lokasi.

Hingga berita ini diturunkan, tercatat tidak ada korban jiwa dan belum diketahui secara pasti jumlah kerugian yang dialami warga akibat bencana ini. (MR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.