Syamsul Aswajar Sambut Baik Upaya Menuju UHC Desa Kabupaten Seluma

Seluma, beritaterbit.com – Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seluma Syamsul Aswajar S.Sos mengatakan, sangat mendukung rencana menerapkan sistem Universal Health Coverage (UHC) Desa di Kabupaten Seluma.

Menurut Anggota Komisi I DPRD Seluma ini, melalui program UHC pihaknya berharap pelayanan kesehatan bagi masyarakat Seluma bisa semakin mudah dan menyeluruh.

“Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat, maka dengan program UHC ini semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat yang kurang mampu,” ujar Syamsul Aswajar, Rabu (5/4/2023).

Anggota dewan dari Fraksi Golkar ini menyampaikan bahwa program UHC ini sebagai upaya untuk memberikan fasilitas bagi masyarakat Seluma yang membutuhkan pelayanan kesehatan secara gratis dan mudah dengan menunjukkan KTP domisili Bangkalan.

“Dengan adanya program UHC ini, masyarakat yang memiliki E-KTP Seluma, berobat dimanapun di Indonesia gratis. Jadi bagi warga Seluma kedepannya tidak perlu risau untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Sekarang sudah gratis,” pungkasnya.

Untuk diketahui saat ini 182 desa se-Kabupaten Seluma sudah 100% terdaftar BPJS Kesehatan.

Selain itu, Kabupaten Seluma telah meraih Penghargaan (UHC) yang diberikan oleh Menteri Koordinator Pembangunan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendi pada tanggal 14 Maret 2023 yqng lalu.

“Kita juga mengapresisasi Pemkab Seluma atas perolehan UHC Awards,” jelasnya.

Sementara itu, Syamsul berharap penerapan UHC nanti tidak berimplikasi negatif pada postur APBD. Dia meminta Pemkab Seluma menyiapkan strategi dan skema anggaran yang betul-betul baik.

“UHC memang sangat bagus, tetapi kalau membebani APBD itu tidak bagus” tutupnya.

Penulis: Yoyon

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.