Sosialisasikan Pendaftaran KPPS, KPU Kota Mojokerto Gelar Media Gathering

Kota Mojokerto, beritaterbit.com – Dalam rangka Pendaftaran Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu Tahun 2024, KPU Kota Mojokerto menggelar Media Gathering bersama puluhan Wartawan baik cetak, TV maupun Online di Lynn Hotel Jl. Empunala, Magersari Kota Mojokerto, Jum’at (8/12/2023).

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Mojokerto, Syaiful Amin menyampaikan, KPU Kota Mojokerto dalam waktu dekat akan membuka pendaftaran badan adhoc, yakni Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024. Jumlah anggota KPPS yang direkrut oleh KPU Kota Mojokerto adalah 7 orang untuk masing-masing TPS dalam Pemilu Tahun 2024, di mana total jumlah KPPS yang akan ditetapkan sebanyak 2.758 orang.

Dikatakan Amin, kehadiran media tetap memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan KPPS dan apapun yang berhubungan dengan Pemilu 2024.

“Masa Pendaftaran KPPS Pemilu Tahun 2024, akan dibuka mulai dari tanggal 11 sampai 20 Desember 2023,” ungkap Amin.

Adapun persyaratan, lebih lanjut dikatakan Ketua KPU, untuk menjadi anggota KPPS antara lain, Warga Negara Indonesia, yang dibuktikan dengan Fotokopi KTP Elektronik, Berusia paling rendah 17 tahun dan paling tinggi 55 tahun dan setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika serta cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

Masih Amin, anggota KPPS Pemilu Tahun 2024 juga harus mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil, tidak menjadi anggota Partai Politik atau tidak menjadi anggota Partai Politik paling singkat 5 tahun, berdomisili dalam wilayah kerja KPPS.

“Mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkoba, berpendidikan paling rendah SMA atau sederajat dan yang terakhir tidak pernah dipidana penjara berdasarkan keputusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih,” jelasnya.

Ketua KPU Kota Mojokerto juga menyampaikan, bagi warga Kota Mojokerto yang berminat untuk menjadi anggota KPPS, dapat mendaftarkan diri ke masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS) di masing-masing kelurahan sesuai domisilinya.

Acara Media Gathering diakhiri dengan ramah tamah dan pemberian souvernir.

Penulis: Ariyanto

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.