Solo Batik Fashion 14 Digelar Tanggal 1-5 Oktober 2022

Surakarta, Beritaterbit.com – 17 September 2022 Solo Batik Fashion 14 tahun 2022 mengangkat cerita Batik 3 Negeri mahakarya peranakan Tionghoa dengan pewarnaan dari 3 kota Lasem, Pekalongan, Solo.

Hal menarik dari Batik 3 Negeri adalah proses pewarnaan batik yang dilakukan di 3 daerah yang berbeda, warna Merah dicelupkan di Lasem, warna Biru di Pekalongan/Kudus, sedangkan warna Coklat dicelupkan di Solo/Yogyakarta. 3 warna di 3 tempat itu memiliki pesan Merah Getih Pitik/darah ayam adalah cerminan Tionghoa di Lasem, Biru Indigo
merupakan ciri khas batik Buket (Belanda) asal Pekalongan, sedangkan Coklat Soga menjadi
unsur utama Batik Jawa di Solo dan Yogyakarta.

Hal inilah yang diangkat Solo Batik Fashion 14 mengambil tema “Culture UNITY Adiluhung Pesona Bangsa”, Kesatuan Budaya pesona bangsa yang tinggi yang mempunyai nilai lebih dalam sebuah budaya, dan di kota solo menjadi unsur utama, sehingga kita berharap event Solo Batik Fashion akan terus menjadi denyut nadi industry fashion yang akan mengangkat pegiat seni di industri fashion khususnya UMKM.

Indonesia memiliki kain tradisional yang sangat mewah dan hanya orang tertentu bisa membuatnya dikarenakan butuh waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit juga material bahan baku yang khusus serta melalui proses yang panjang berbulan-bulan dengan hasil yang sangat Istimewa.

Dalam pelaksanaan SBF 14 selama 5 hari pada tanggal 1-5 Oktober 2022 yang dilaksanakan pada 2 venue secara bersamaan, dimana venue tersebut di Pendhapi gedhe Balaikota Surakarta dan Paragon Lifestyle Mall. Solo Batik Fashion dimana ajang ini pertama kalinya ide gagasan diwujudkan sebagai pendobrak di era adaptasi baru setelah pandemi covid berlangsung sesuai tagline indonesia bangkit lebih cepat pulih lebih kuat, tentunya hal ini di harapkan dapat membantu mewartakan batik dari ukm Indonesia dan sebagai influncer kota batik di solo sehingga dinas pariwisata di kota solo khususnya industri fashion dan dalam acara.

Solo batik fashion, kali ini kami telah melakukan audisi model yang akan tampil di panggung besar Balaikota dan Paragon Lifestyle mall model professional yang akan tampil dari solo raya jogja dan semarang. Solo Batik Fashion 14 kali ini sangat concern terhadap pengembangan UMKM diwujudkan dengan adanya exhibition batik, craft yang berada di Paragon Mall dan tentunya adanya Booth kuliner di Halaman parkir Balaikota dengan bertujuan untuk menggerakkan roda perekonomian UKM Solo bangkit dan berdiri kuat kembali setelah adanya Pandemi Covid 19 yang melanda seluruh dunia sejak bulan April 2020 tahun lalu.

Pesertanya yang akan mengisi oleh IKAPERSATA, APPMI JATENG, APPMI JATIM, APPMI JOGJA & daerah lainnya. Dimeriahkan oleh guest star Desainer ternama dari Dalam maupun luar negeri, antara lain Itang Yunasz dari Jakarta, Lia Afif dari Surabaya, Aam Kekean dan cok Abi dari Denpasar, Tuty Adib dari Solo, Desainer luar negeri Anuar Faizal dari Malaysia, Galiel Batika dari belanda, Ji hwan dari Korea.

Ada juga show Anak-anak yang akan tampil di acara SBF 14 dari Solo, Jogja dan Jawa Timur, Young desainer dari Solo raya Fashion show dari kalangan Sosialita. Jumlah total desainer ada 50an desainer.

Adapun yang akan tampil antara lain adalah Owens Joe, Rorry Wardana, Joko SSP, Joko Widiarto, Robin Karebet, Dina Dwi Hadi, Thea Adjeng, Andreas Harris, Titi Meinawati, Nitsya Ernita Syamsul, Wiwin Andie Ryana Kusuma, Wulannik Batik, Yunus J waluyo, dll. Dari Jogjakarta adalah Sugeng Waskito, Vitalia Pamoengkas, Zam Wawir, Dadang Koesdarto, Juve Cenil Batik, untuk yg dari Jawa Timur ada Lia Apip, Riris Ghofir, Ahmad Yusuf Zuhdi, Ura by Aura Afilia, Batik Wiliwang, Yussi Yuma Etnura, Beberapa designer dari beberapa kota besar di Indonesia antara lain, Ganjar, Yunus Mujianto, Hetty Riska, Riko Parmansyah, Ratu Geisya, Tiara Mas, Bayu Ramli, Rudy Juliant, RL Batik, Amanda Tania, Hevna, Ning Yuli, dsb.

UKM dari Dianika, Hida Reronce, Hana Herdiana, Lisa Rahmad, Retno Batik, Almira Butik Syar’i, Davlen Batik, Batik Tuan, Kafana, dsb.

Kid’s Talent terdiri dari Moi Agency, Lala Expose, Maula Syemour, Bajuku Klambi, Moerzafasha Nolarang, Nitsya Ernita, Idels, Sanggar Adiluhung, Meity Hanna, Esaje Sikop, Sabil Odang Salsabila, Ndalem AW, Attaya by Luvatya, dsb.

Young Designer terdiri atas UNS, ASDI, ISI, dan SMK 3 Solo, SMK Penda, SMKN 1 Gesi, SMK N Sragen SMK Boyolali, SMK 4 Solo, SMK 9 Solo
Sosialita terdiri atas Ikatan Notaris Indonesia, Harpi Melati Solo, Joko SSP club, Sosialita Sragen, IPEMI Solo, Ladies of Harley, Princess Solo, Mas Dadang Club, dan Hit’s Solo Raya. (GP)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.