SMAN 1 Bireuen Juara I Duta Sadar Hukum Kabupaten Bireuen 2020

Bireuen, beritaterbirt.com – Dua siswa utusan dari SMAN 1 Bireuen berhasil meraih juara 1 dalam penobatannya sebagai Duta Sadar Hukum Kabupaten Bireuen Tahun 2020 untuk kategori putra dan putri .

Sementara untuk juara 2 dan 3 pada lomba Duta Sadar Hukum Kabupaten Bireuen adalah utusan dari siswa SMK Negeri 2 Peusangan dan Juara III utusan dari siswa SMA Negeri 1 Samalanga.

Kepala SMAN 1 Bireuen Hamdani,S.Pd,M.Pd kepada media ini Rabu 2 Desember 2020 menyebut, kedua siswa yang telah berhasil meraih juara adalah Harik Syah Akbar dan Chaterine Aulia Rahmah siswa SMAN 1 Bireuen dan mereka berhak mengikuti event yang sama mewakili Bireuen untuk tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan di Banda Aceh.

Hamdani menjelaskan bahwa penetapan anak asuhnya ditetapkan sebagai Duta Sadar Hukum Kabupaten Bireuen Tahun 2020 untuk kategori putra dan putri setelah berhasil menyisihkan siswa dari sekolah yang lain.

Disebutkan, 40 para siswa dari 20 sekolah yang mengikuti seleksi ternyata anak didik mereka mampu menjuarai 38 siswa lainnya dari 19 SMA/SMK yang mengikuti seleksi.

Pelaksanaan seleksi siswa sadar hukum untuk 2020 dilaksanakan Cabdisdik Wilayah Bireuen bekerjasama dengan pihak Kejaksanaan Bireuen yang dilaksanakan selama dua hari di Aula Cabdisdik Wilayah Bireuen di Buket Cot Iju Peusangan Kabupaten Bireuen.

Kacabdisdik Wilayah Kabupaten Bireuen , T. Murtadha S.Sos, mengatakan , kegiatan dilaksanakan bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran hukum terkait pentingnya pemahaman dan kesadaran siswa dalam menjalankan Hukum yang berlaku di Negeri ini.

Pemahaman dan kesadaran hukum bisa di implementasikan dalam kehidupan sehari hari sehingga memasyarakatkan pemahaman dan wawasan tentang hukum baik di Sekolah ataupun Hukum Secara negara dalam membangun kebangsaan.

“ Kita menginginkan para generasi pewaris dan penerus bangsa tetap bersemangat nasionalisme dalam diri sejak dini sehingga mampu membangun dan membina persahabatan antar siswa dengan rajutan yang erat memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa dalam proses Hukum di Negera ini.” Harap T. Murtadha S.Sos.

Sementara itu, Kasat intel Kejaksaan Negeri Bireuen, Wisdom SH, MH dalam sambutannya mengapresiasi para siswa yang mengikuti seleksi sadar hukum dengan kusyuk.

Kegiatan yang diterapkan itu nantinya mampu mendorong generasi muda Aceh umumnya dan wilayah Bireuen kususnya untuk berpikir positif dan menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan.

Selain itu generasi penerus bangsa harus menjauhi penyalahgunaan narkoba termasuk di kalangan siswa itu sendiri, sebab itu termasuk salah satu pelanggaran Hukum.

Sementara sebelumnya Kedtua pelaksana kegiatan Iswandi S.Pd menjelaskan bahwa peraih juara I selain mendapatkan uang pembinaan masing-masing sebesar 3 juta rupiah, mereka juga berhak mewakili Bireuen pada kegiatan yang sama di tingkat Provinsi Aceh

“ Duta terpilih dalam waktu dekat akan mewakili Bireuen pada kegiatan yang sama di tingkat Provinsi . Kita perlu mendukungnya dengan harapan mampu meraih prestasi yang menggembirakan di tingkat provinsi nantinya,” Pungkasnya. (Suherman Amin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.