Sikapi Kenaikan Harga Beras, Dinas Ketahanan Pangan Gelar Bazar Pangan Murah

Tulungagung, beritaterbit.com – Dinas Ketahanan Pangan bersama Bulog dan Kelompok Tani menggelar Bazar Pangan Murah yang bertempat di Balai Desa Sumberejo Kulon Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung, Rabu (15/02/2023).

Acara bazar pangan murah juga dihadiri oleh forkopimcam, tenaga kesehatan dari Puskesmas Ngunut, Kabid (kepala bidang) Distribusi dan Cadangan Pangan serta anggota, dan juga Kepala Desa Sumberejo Kulon berserta warganya.

Dengan adanya bazar pangan murah yang digelar di Desa Sumberejo Kulon oleh Dinas Ketahanan Pangan, masyarakat sangat antusias mendatangi bazar pangan murah tersebut.

Rusmi, salah satu warga Desa Sumberejo Kulon saat diwawancarai awak media ini, mengaku merasa senang dengan adanya bazar pangan murah ini karena dari segi harga lebih murah. “Barusan saya beli beras medium 5 kg-an, biasanya saya beli dengan harga Rp 64 ribu/5kg, ini tadi beli disini kemasan 5 kg cuma Rp 43 ribu,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Sumberejo Kulon, Suhardi mengapresiasi dengan adanya bazar pangan murah yang di inisiasi oleh Dinas Ketahanan Pangan Tulungagung.

“Harapan saya Dinas Ketahanan Pangan selalu memantau pergerakan harga pangan dan cepat merespon jika terjadi gejolak harga seperti saat ini, dan segera diadakan operasi pasar atau bazar pangan murah seperti sekarang,” ucapnya.

Selanjutnya Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tulungagung melalui Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan, Hari Pujianto mengatakan, bazar pangan murah ini sebagai upaya menekan harga komoditi pangan yang mulai merangkak naik, khususnya beras medium dan minyak goreng. Pasalnya beras medium melambung di atas harga eceran tertinggi (HET) yang sudah ditetapkan.

“Saat ini harga eceran tertinggi (HET) untuk beras medium dibandrol dengan harga 9.450/kg, sementara harga dipasaran saat ini mencapai Rp 12 ribu hingga Rp 13 ribu/kg. Sementara dalam bazar ini beras jenis medium dijual Rp 43 ribu/5 kg, atau Rp 8.600/kg,” bebernya.

Dengan digelarnya bazar pangan murah ini diharapkan masyarakat Desa Sumberejo Kulon dan sekitarnya dapat terlayani ketersediaan bahan pangan khususnya beras.

“Dinas Ketahanan Pangan bekerjasama dengan Bulog berusaha menekan kenaikan harga beras di pasaran, dan juga Dinas Ketahanan Pangan bekerja sama dengan kelompok tani binaan langsung untuk menyediakan komoditi bawang merah, telur, cabai dan aneka sayuran yang masih segar dengan harga yang murah dan berkualitas,” ucapnya.

Sementara itu, untuk beras premium Sentra Bramos dijual Rp 58 ribu/5kg, kemudian beras premium merk Beras Kita dijual 56 ribu/5kg. Sedangkan terigu Kita dijual Rp 12 ribu/kg dan gula Kita 13.500/kg. Untuk minyak goreng, juga disediakan dengan harga Rp 17 ribu untuk Sofia dan Rp 16 ribu untuk Melis.

“Dan nantinya di tahun 2023 ini, Dinas Ketahanan Pangan akan mengadakan lagi di desa lain. Dalam bazar ini, Dinas Ketahanan Pangan menyediakan 2 ton beras medium. Beras ini yang paling banyak diminati masyarakat,” pungkasnya.

Penulis: Agus

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.