Sidak Keselamatan Untuk Memastikan Kendaraan Layak Operasi

Bengkulu,BeritaTerbit.com – Menjamin kendaraan angkutan umum laik operasi, Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu bersama instansi terkait melakukan inspeksi keselamatan (Ramp-Check), Rabu (22/5/2019).

Sejumlah Perusahaan Otobus (PO) yang disidak di antaranya Damri, Putra Rafflesia, Putra Simas dan SAN. Adapun tim sidak keselamatan merupakan gabungan dari Dishub Provinsi dan Kota, Jasa Raharja dan PS Kasubit Kamsel Polda Bengkulu.

Tim melakukan sejumlah pemeriksaan pada kendaraan untuk memastikan kendaraan benar-benar menjamin keselamatan diantaranya mengecek rem, ban, kesehatan sopir serta SIM para sopir.

“Sampai saat ini belum ada yang ditemukan kendaraan yang tidak laik operasi, kondisi kendaraan masih normal dan belum ada rekomendasi tidak layak jalan. Kita sudah memeriksa Damri, Putra Rafflesia, Putra Simas dan SAN,” kata Darpinudin, Kadis Perhubungan Provinsi Bengkulu.

Inspeksi keselamatan (Ramp-Check) merupakan upaya mencegah terjadinya kecelakaan maupun pelanggaranyang dilakukan pengemudi khususnya Bus.

“Kita melakukan Ramp-Check ini agar penumpang selamat dalam perjalanan dan tidak ada kecelakaan serta semua kendaraan itu berfungsi aman. Indikasi kerawanan itu dari ban, pengemudi dan fungsi rem, ini yang harus di cek betul apakah kondisi layak jalan atau tidak,” imbuh AKBP Dedy Nata, Kasudit Kamsel Polda Bengkulu. (Rls)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.