Senin 9 Agustus 2021 Malam, Pengurus BKM Masjid Al Amin Peringati Tahun Baru Islam 1443 H

Bireuen,Beritaterbit.com – Pengurus Badan Kemakmuran Masjid ( BKM) Al Amin Pulo Ara Geudong Teungoh Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen,Aceh akan menyambut kedatangan 1 Muharram 1443 H sekaligus memperingatinya pada Senin 9 Agustus 2021 malam Selasa .

Ketua BKM Masjid Al Amin Pulo Ara Geudong Teungoh menyebut, Ba’da Shalat Magrib Zikir bersama dan dilanjutkan dengan Tausiah ba’da Shalat Insya yang disampaikan oleh Al Mukarram Teungku H Muzakkir yang akrab di sapa Syech Madinah dari Lhokseumawe.

Dijelaskan, pihaknya untuk tahun ini melaksanakan penyambutan Tahun Baru Islam 1443 H sesuai kalender Hijriah, Tahun Baru Islam diperingati setiap 1 Muharram . Dan tahun ini sesuai penanggalan Masehi, Tahun Baru Islam 1443 Hijriah jatuh pada Selasa 10 Agustus 2021.

Dijelaskan, sebagai salah satu moment penting bagi umat Islam memperingati Tahun Baru Islam sebagai Instrospeksi diri, bahkan pemerintahpun menetapkan tahun baru Islam sebagai hari libur nasional.

Dalam Islam, ada empat bulan yang dimuliakan, yakni Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Oleh sebab itu, muslim dilarang berperang dalam bulan-bulan tersebut untuk menghormatinya.

Terkait masalah tersebut, maka, Tahun Baru Islam dapat dimaknai sebagai momen introspeksi diri untuk menjadi muslim yang lebih baik dengan berusaha mewujudkan perdamaian, melakukan amal ibadah, dan menjauhkan diri dari perbuatan dosa yang dapat menyiksa diri sendiri.

Oleh sebab itu, Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk memperbanyak amal saleh seperti puasa sunnah di bulan yang beliau sebut sebagai Syahrullah (bulan Allah). Sebagaimana tercantum dalam hadis riwayat Bukhari Muslem yang yang artinya “Puasa yang paling mulia setelah puasa Ramadhan adalah (berpuasa) di bulan Allah, Muharram.” ( Suherman Amin/Nurdin Ismehram)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.