Sekda Nganjuk Nur Solekan Resmikan Taman Edukasi Dinas Lingkungan Hidup

Nganjuk, Beritaterbit.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk) Nur Solekan meresmikan Taman Edukasi BISA (Bersih, Indah Sehat Asri) tepat berada di kawasan kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Nganjuk, Jumat (2/2/2024).

Adapun kegiatan turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk Nur Solekan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Subani, seluruh kepala OPD Kabupaten Nganjuk, Pimpinan Cabang Bank Jatim Kabupaten Nganjuk, Perwakilan perguruan tinggi STIE Kabupaten Nganjuk, juga tamu undangan.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk Nur Solekan mengucapkan berterima kasih kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup beserta stakeholder yang mewujudkan Taman Edukasi BISA di lingkungan DLH, dimana dipersiapkan untuk anak-anak didik mulai dari TK/SD yang bisa diajak ke Taman Edukasi BISA.

“Mudah-mudahan apa yang dilaksanakan ini bisa menyeimbangkan oksigen yang banyak di Kabupaten Nganjuk dan bisa memperkenalkan kepada mereka yang harus kita jaga kelestarian lingkungan hidup,” jelas Nur Solekan.

“Sekarang masih 80% taman edukasi ini dan nanti diharapkan 100% dilengkapi prasarana dan sarana lain. Seperti halnya nanti akan dibangun taman kupu-kupu yang nanti bisa dikolaborasikan dengan edukasi pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi anak-anak tingkat TK/SD yang berkunjung ke taman edukasi DLH BISA,” bebernya pada media.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Subani mengatakan bahwa Taman Edukasi BISA adalah tempat pembelajaran anak TK/SD/SMP sampai perguruan tinggi dan masyarakat Kabupaten Nganjuk.

“Sudah lengkap salah satunya ada kolam pemancingan, ada pohon-pohon yang dilengkapi barcode (untuk mengetahui tanaman apa dan kegunaannya), ada panggung, pemanfaatan taman pekarangan (PTP) maupun ada 3R bola-bola yang dari botol bekas Aqua, salah satu kreatif yang bisa ditunjukkan dari teman-teman DLH,” jelas Subani.

Masih kata Subani, dengan kapasitas luas taman 150 hampir 2000 meter nanti bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, kalau ada acara-acara yang tidak terlalu besar bisa bertempat di taman edukasi bisa.

“Sesuai petunjuk dari Sekretaris Daerah nanti akan dibuat taman kupu-kupu dan kolam renang untuk anak-anak. Taman edukasi bisa didukung dari APBD 2023 tapi hanya kecil sekitar 100-150, lainnya dari swadaya, CSR perusahaan, akademik, puskesmas,” pungkasnya.

Reporter: Gendro

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.