Sebanyak 852 Anggota PPS Resmi Dilantik Ketua KPU Nganjuk

Nganjuk, Beritaterbit.com – Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah janji Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Nganjuk pada Selasa (24/1/2023).

Sebanyak 852 anggota PPS dilantik dan diambil sumpah oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk Pujiono di Gedung Olahraga (GOR) Bung Karno Kabupaten Nganjuk.

Hadir pada pelantikan Forkopimda atau yang mewakili, Camat se-Kabupaten Nganjuk, Ketua Bawaslu Kabupaten Nganjuk dan undangan terkait.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Nganjuk mengucapakan selamat kepada anggota PPS yang telah dilantik dan berpesan untuk menjaga amanah dan menjalankannya dengan sebaik mungkin. Karena PPS merupakan ujung tombak suksesnya pemilu.

“Jalankan tugas dan fungsi saudara sebagai PPS sesuai kewenangan yang telah diatur. Bersikap aktif, responsif dan menjaga netralitas selaku penyelenggara pemilu,” tutur Kang Marhaen sapaan akrabnya.

Dikatakan Kang Marhaen, PPS harus menguasai dan mengerti tentang regulasi. Karena hal tersebut akan mengurangi resiko-resiko kegaduhan didalam masyarakat.

“PPS harus belajar informasi-informasi peraturan yang berkaitan dengan pemilu. Utamanya PKPU Nomer 8 tahun 2022. Semuanya diterangkan jelas tugas, wewenang, hak dan kewajiban,” terangnya.

“Ini adalah sarana ibadah untuk masyarakat, yang mana panjenengan diberikan amanah oleh KPU untuk membantu bagaimana pelaksanaan pemilu 2024 berjalan aman, damai dan tentram. Dan insyaallah akan melahirkan pemimpin yang amanah dan berkualitas,” tambahnya.

Selain itu sebagai agen perubahan di Kabupaten Nganjuk tutur Kang Marhaen, PPS juga harus bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat, mencerdaskan masyarakat tentang bagaimana cara menentukan pilihan baik calon maupun partai.

“Saya nitip kepada PPS masyarakat Nganjuk juga diberikan pencerahan-pencerahan masalah pemilu. Baik legislatif, Presiden maupun Pemilukada, Bupati dan Gubernur November 2024 nanti,” pesannya.

Untuk diketahui, para anggota PPS sebelumnya telah melalui proses rekruitmen hingga hasil seleksi tertulis maupun wawancara. Dari serangkaian proses tersebut, KPU akhirnya menetapkan 852 anggota PPS atau sebanyak 3 orang di 20 Kelurahan dan 264 desa se-Kabupaten Nganjuk.

Reporter : Gendro/nia

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.