Satu Nagari Satu Event, Bupati Eka Putra Nobatkan Saruaso Sebagai Nagari Shalawat Dulang

Tanah Datar, beritaterbit.com – Salawaik Dulang (Shalawat Dulang) merupakan salah satu Sastra Lisan Minangkabau, yang berisi lantunan do’a-do’a untuk Baginda Rasulullah Muhammad SAW yang diiringi dengan tabuhan Dulang (nampan dari Kuningan).

Shalawat Dulang ini biasanya ditampilkan pada acara Khatam Al-Qur’an, Selamatan Pernikahan, Peringatan Hari Besar Islam maupun acara sosial kemasyarakatan lainnya.

Seperti dalam acara Satu Nagari Satu Event di Nagari Saruaso, Kecamatan Tanjung Emas, yang bertajuk Festival Budaya Saruaso yang dibuka secara resmi oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM, Selasa (23/05) di Lapangan Bola Kaki Saruaso. Dalam acara ini akan dilaksanakan pertunjukan Shalawat Dulang pada Selasa malam (23/05).

Bupati Eka Putra, menobatkan Nagari Saruaso sebagai Nagari Salawaik Dulang (Shalawat Dulang), karena di Nagari Saruaso banyak terdapat Group Shalawat Dulang.

“Menurut data di Nagari Saruaso, 25 group Shalawat Dulang di Nagari Saruaso ini. Sehubungan dengan itu, Nagari Saruaso telah diupayakan untuk menjadi Nagari Shalawat Dulang di Kabupaten Tanah Datar,” ujar Bupati Eka Putra.

Bupati Eka Putra menambahkan pagelaran Progul Satu Nagari, Satu Event tidak hanya pagelaran berbagai adat budaya. Lebih dari itu, banyaknya hasil UMKM lokal yang diperagakan, untuk lebih dikenal masyarakat luas, sebagai penunjang ekonomi masyarakat.

“Kita yakin, dengan adanya Event di Nagari, adanya Festival Kebudayaan ini, akan menjadi wadah pelestarian kebudayaan, pelestarian alam, pengenalan kuliner khas Nagari dan ajang promosi produk UMKM Nagari,” ujarnya.

Sebelah, Agus Rimayanto, Wali Nagari Saruaso, mengucapkan rasa syukur karena Nagari Saruaso bisa menyelenggarakan Progul Satu Nagari, Satu Event, sehingga adat budaya, kuliner tradisional dan sebagainya yang belum ter ekpose sebelumnya, dapat di tampilkan pada pagelaran ini.

“Progul Satu Nagari, Satu Event sebagai wadah bagi Nagari Saruaso untuk menampilkan adat budaya, kuliner tradisional dan sebagainya. Tentu rasa syukur kami ucapkan, karena ini akan membawa banyak manfaat bagi masyarakat Nagari Saruaso secara khusus, Kabupaten Tanah Datar umumnya,” ujarnya.

Sementara, Tokoh Masyarakat Nagari Saruaso Asriwan Dt. Panghulu Rajo mengatakan progul Satu Nagari, Satu Event sebagai pembangkit adat budaya di nagari Saruaso, yang telah menjadi sejarah, serta diselenggarakan secara turun temurun.

“Berbagai prosesi adat budaya ditampilkan di acara ini, mulai dari turun mandi, pernikahan, penyelenggaraan jenazah dan sebagainya. telah dianut sebagian besar masyarakat Nagari Saruaso secara turut temurun. Keunikan Ini, akan kita cari lebih mendalam, untuk ditampilkan dikesempatan lainnya,” ujarnya.

Hadir pada saat itu, Anggota DPRD Provinsi Sumbar Jefri Masrul, asisten Ekobang Abdul Hakim, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Camat Tanjung Emas Zulkifli Idris, Ketua LKAAM Tanah Datar Aresno Dt. Andomo, Ninik Mamak, Bundo Kanduang, Tokoh masyarakat Nagari Saruaso dan tamu undangan lainnya.

Penulis: Maryati

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.