Sat Lantas Polres Sawahlunto Lakukan Himbauan Tertib Berkendara Melalui Program Blue Light Patrol

Sawahlunto (SUMBAR), beritaterbit.com – Dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sadar hukum, Satuan Lalulintas (Sat Lantas) Polres Sawahlunto Polda Sumatera Barat (Sumbar) melakukan himbauan tertib berkendara yang dilaksanakan melalui Program Blue Light Patrol.

Hal ini dilakukan Jajaran Polres Sawahlunto mengingat keamanan dan keselamatan berlalu lintas merupakan cermin budaya masyarakat dalam artian keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas yang dapat diwujudkan apabila masyarakat sudah sadar hukum dan memahami arti penting hidup tertib dalam berlalu lintas.

Melalui Program Blue Light Patrol ini, Sat Lantas Polres Sawahlunto memberikan himbauan Tertib Berlalu Lintas kepada pengendara yang tidak menggunakan helm SNI terutama saat berkendara di malam hari.

Sebagaimana dikutip dari http://sawahlunto.sumbar.polri.go.id, Senin (23/01), giat Blue Light Patrol ini dilaksanakan Minggu malam (22/01/2023) sekira pukul 22.00 WIB. Petugas dari Sat Lantas Polres Sawahlunto nampak langsung turun ke jalan melakukan himbauan kepada pengendara yang melanggar aturan lalu lintas.

Jika kita perhatikan dalam aktifitas sehari-hari, banyak pengendara yang masih tidak menggunakan helm. Mereka rata-rata menggunakan helm apabila informasi bahwa Petugas melakukan razia atau pada saat melalui jalur tertib lalu lintas saja. Hal ini karena kurangnya kesadaran masyarakat bahwa menggunakan helm sangat besar manfaatnya bagi diri sendiri, karena helm sesungguhnya berfungsi sebagai pelindung kepala.

Kapolres Sawahlunto AKBP Purwanto Hari Subekti S.Sos melalui Kasat Lantas AKP Irawady SH, MH mengatakan, kegiatan Blue Light Patrol ini adalah kegiatan patroli dengan menyalakan lampu rotator warna biru khas Polri. Tujuannya adalah mewujudkan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar).

“Blue Light Patrol ini kita laksanakan di malam hari. Ini adalah dalam rangka mengemban tugas pembinaan lalu lintas, maka Polantas selalu berupaya melaksanakan program Safety Riding atau berkendara dengan aman, nyaman melalui himbauan dan peneguran secara langsung,” terang Kasat Lantas.

Lebih lanjut Iptu Irawady mengatakan, giat ini juga merupakan wujud kepedulian dan kemanusiaan Polri khususnya Polantas.

“Ini merupakan tugas yang sangat mulia dan terhormat untuk mewujudkan situasi Kamseltibcar Lantas di wilayah hukum Polres Sawahlunto khususnya, serta mewujudkan trust building/membangun kepercayaan masyarakat,” lanjut AKP Irawady.

Menurut Irawady, saat ini masih banyak masyarakat yang melakukan pelanggaran lalu lintas, tanpa mereka sadari bahaya dari pelanggaran lalu lintas tersebut seperti tidak menggunakan helm, menerobos lampu merah, mengemudi dengan kecepatan tinggi/ngebut dan lain-lain.

Selain itu juga masih banyak pengendara kendaraan yang kurang memperhatikan kondisi kendaraannya seperti lampu yang mati, ban gundul, roda kurang angin, rem yang kurang pakam dan lain sebagainya tanpa mereka sadari hal tersebut bisa membahayakan keselamatan saat berkendara.

Pada kesempatan itu, AKP Irawady juga menghimbau agar selalu mematuhi tata tertib dan rambu-rambun lalu lintas dalam berkendara, berlaku sopan serta membudayakan berlalu lintas yang aman, santun, selamat, tertib dan lancar.

“Ingat peristiwa kecelakaan lalu lintas terjadi pasti berawal dari pelanggaran lalu lintas, untuk itu hindari sekecil apapun bentuk pelanggaran lalu lintas demi keselamatan kita bersama,” pungkasnya. (MR/hms)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.