Sambangi Penerima PKH, Eka Putra: Gunakan Bantuan untuk Hal-hal yang Mendesak Sesuai Kebutuhan

Tanah Datar (SUMBAR), beritaterbit.com – Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah terlah banyak meluncurkan program bantuan guna untuk mensejahterahkan masyarakat salah satunya program pemberian bantuan sosìal masyarakat kepada keluarga yang ditetapkan sebagai penerima manfaat atau Program Keluarga Harapan (PKH), untuk itu kepada masyarakat penerima manfaat program tersebut, Pemerintah Daerah mengharapkan bantuan tersebut digunakan untuk hal-hal yang mendesak sesuai kebutuhan.

Hal itu disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra, ketika sambangi masyarakat penerima PKH dalam rangka acara pembinaan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH Kabupaten Tanah Datar, Rabu (24/05) di Masjid Raya Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan didampingi kepada Dinas Sosial Afrizon dan Camat Batipuh Selatan Benny.

“Manfaatkan sebaik-baiknya bantuan yang diberikan dan jangan gunakan bantuan ini untuk hal-hal yang tidak penting namun manfaatkanlah untuk kebutuhan yang benar-benar yang mendesak,” harapnya.

Bupati katakan juga, selain program PKH pemerintah daerah juga banyak program lainnya khusus untuk pendidikan, tidak ada anak Tanah Datar yang putus sekolah karena terkendala biaya serta masih banyak program unggulan yang diluncurkan pemerintah daerah untuk kesejahteraan masyarakat melalui Program Unggulan (Progul) Daerah seperti Progul Makan Rendang yang merupakan program memberantas rentenir, program bajak gratis, subsidi pupuk, asuransi tani dan ternak, perbaikan jaringan irigasi, satu rumah satu hafizh/hafizah dan program lainnya untuk kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut Bupati Eka Putra katakan, melalui OPD terkait Dinas Sosial pemerintah daerah terus berupaya melakukan pemutakhiran data dan hingga saat ini PKH yang terdaftar pada data PKH semakin berkurang hingga 2000 orang, hal itu tentu ditandai dengan semakin membaiknya perekonomian daerah.

Pada hari yang sama Bupati Tanah Datar Eka Putra juga sampaikan arahan tersebut kepada KPM PKH Kabupaten Tanah Datar di Masjid Kanang Nagari Guguak Malalo kecamatan Batipuh Selatan yang juga dihadiri anggota DPRD Tanah Datar Herman Sugiarto.

Sebelumnya Kepala Dinas Sosial Tanah Datar Afrizon mengatakan jumlah penerima manfaat PKH dari tahun sebelumnya turun, hal ini tentu juga dipengaruhi dengan semakin membaiknya perekonomian masyarakat. untuk saat ini khusus untuk kecamatan Batipuh Selatan sebanyak 752 KK dengan rincian Nagari Batu Taba 118 KK, Nagari Sumpu 168 KK, Nagari Padang Laweh Malalo 112 KK dan Nagari Guguak Malalo 354 KK.

Bantuan tersebut, kata Afrizon, bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup keluarga penerima manfaat melalui akses layanan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial, mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan keluarga miskin dan rentan, menciptakan perubahan prilaku kemandirian keluarga penerima manfaat dan mengurangi kemiskinan dan kesenjangan sosial.

Dikesempatan tersebut anggota DPRD Tanah Datar Herman Sugiarto juga mendukung program yang di luncurkan pemerintah, dimana program ini sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Program ini sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat dan diharapkan kepada penerima untuk benar-benar memanfaatkan bantuan tersebut untuk kebutuhan yang diperlukan dan jangan lupa bersyukur atas program yang diluncurkan pemerintah,” pesannya.

Penulis: Maryati

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.