Rumah Tandang Kabupaten Nganjuk Mampu Dongkrak Pelaku UMKM 85%

Nganjuk, Beritaterbit.com – Diskominfo Kabupaten Nganjuk meluncurkan Omah Tandang, inovasi digital untuk memberdayakan masyarakat dan UMKM. Berlokasi di Jalan Basuki Rahmat, Nganjuk, Omah Tandang menyediakan berbagai fasilitas dan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan digital masyarakat.

Seorang pelaku UMKM Kabupaten Nganjuk, Dini Meyzarah (19) mengungkapkan jika keberadaan Omah Tandang begitu bermanfaat. Kegiatan dan fasilitas yang tersedia di Omah Tandang membantu mendongkrak penjualan.

Dini menjalankan usaha bidang kecantikan, penjualan kosmetik meningkat hingga sampai 85 persen. “Lewat Omah Tandang saya mendapat pengalaman dan ilmu untuk memperkenalkan produk ke masyarakat. Fasilitas di coworking spacenya juga sangat bagus,” ucapnya di saat kegiatan living selling di coworking space Omah Tandang.

Acara peresmian tersebut dilaksanakan di halaman depan coworking space Omah Tandang yang terletak di Jalan Basuki Rahmat, Kelurahan Mangundikaran, Kecamatan Nganjuk.

Omah Tandang merupakan inovasi terbaru dari Diskominfo Kabupaten Nganjuk yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan teknologi digital.

Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna (kanan).

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Nganjuk, Slamet Basuki, menjelaskan bahwa Omah Tandang adalah singkatan dari Rumah Talenta Digital Anjuk Ladang. Talenta digital yang dimaksud adalah masyarakat yang memiliki keterampilan di bidang digital.

Slambas melanjutkan, pihaknya juga menyediakan fasilitas coworking space bagi talenta digital untuk memproduksi karya mereka. Ruang kerja bersama ini dilengkapi dengan berbagai perangkat pendukung produksi termasuk dua unit komputer berspesifikasi tinggi, empat komputer kerja, studio, printer, smart TV dan internet berkecepatan tinggi.

Selain itu, Omah Tandang juga membantu pengurusan izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), Nomor Induk Berusaha (NIB), dan sertifikasi halal dengan bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro serta Dinas Kesehatan setempat.

Sementara itu pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna menyambut baik dengan adanya program Omah Tandang. “Omah Tandang menjadi langkah positif untuk memajukan UMKM di Kota Nganjuk, erta dapat membantu meningkatkan penjualan produk UMKM,” pungkasnya.

Reporter: Gendro

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.