Ruang Penggeledahan Lapas Watampone Dipisah Dari Ruang Kerja Staf

Bone, Beritaterbit.com – Fokus pada pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Watampone terus melakukan pembenahan baik dari segi pelayanan administrasi maupun tata kelola ruang kerja dan ruang pelayanan, Sabtu 20 Mei 2023.

Ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang saat ini tengah dioperasionalkan untuk masyarakat pengguna layanan pemasyarakatan Lapas Watampone merupakan langkah konkrit yang dilakukan oleh Lapas Watampone dibawah kepempimpinan Saripuddin Nakku, guna
memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal dengan mengintegrasikan beberapa jenis pelayanan dalam satu ruang pelayanan secara terpadu dengan kemudahan akses bagi masyarakat.

Saat ini juga untuk memaksimalkan layanan kunjungan bagi masyarakat namun tidak mengesampingkan aspek keamanan, Lapas Watampone juga telah memindahkan ruang penggeledahan badan untuk pengunjung yang telah terpisah dengan ruang kerja atau perkantoran.

Ruang penggeledahan badan bagi pengunjung ini yang sebelumnya menyatu dengan ruang kerja Staf Keamanan Lapas, kini telah dibuatkan satu ruangan khusus yang ditempatkan di depan ruang Kepala Pengamanan dan berdampingan dengan show room hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan. Hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan akses bagi masyarakat yang ingin melakukan kunjungan di dalam Lapas.

Saripuddin Nakku Kalapas Watampone menerangkan, penggeledahan badan merupakan salah satu syarat yang harus ditaati oleh masyarakat atau calon pengunjung Lapas. “Sebelum mereka memasuki ruang kunjungan dan bertemu dengan sanak keluarga mereka, jadi ruangan ini kita pindahkan karena sebelumnya menyatu dengan ruang kerja staf,” ujarnya.

“Ruang penggeledahan tersebut dibagi menjadi dua yakni penggeledahan badan pria dan juga wanita. Sistem penggeledahannya dilakukan secara humanis, sejalan dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku,” terangnya.

Petugas wanita untuk pengunjung wanita begitupun sebaliknya bagi pengunjung pria dilakukan oleh petugas pria dalam ruang tertutup.

Penulis: Arur

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.