Ribuan Keluarga Dan Masyarakat Pengantar CJH Bireuen Larut Dalam Suka Dan Duka

Bireuen, Beritaterbit.com – Ribuan keluarga dan masyarakat yang mengantar Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Bireuen Tahun 1444 H/2023 M yang berangkat pada Sabtu malam tanggal 27 Mei 2023 pukul 20.00 Wib larut dalam suka dan duka. Para keluarga dan masyarakat sengaja datang dengan menggunakan kendaraan sepeda motor, mobil pribadi dan mobil yang disewa untuk bisa melihat saat saat keberagkatan CJH naik bus.

Kekuarga merasa terharu, bahagia, suka, sedih dan duka. Malah diantara calon CJH ikut menangis ketika sanak keluarga mohon maaf sambil terisak menangis. Itulah yang terjadi sangat terasa ketika pelepasan keberangkatan calon jamaah haji ketika naik bus keberangkatan menuju Embarkasi Aceh.

Kepala Seksi Penyelenggaran Haji dan Umrah Kankemenag Bireuen, Sulaimannur S.Ag
mengatakan bahwa pelepasan Calon Jamaah Haji Bireuen berjumlah 328 orang terdiri dari 117 laki laki dan 211 perempuan yang berangkat Sabtu malam tanggal 27 Mei 2023 pukul 20.00 Wib dari Bireuen.

Mereka tergabung Kloter BTJ-6 berangkat melalui Bandara SIM Aceh sebanyak 325 orang. Dan batal berangkat 2 (dua) orang yaitu Muhammad Abdul Manaf Ali karena sakit usia 91 tahun alamat Gampong Blang Mee Kecamatan Kuta Blang dan Halimah Muhammad Saleh juga sakit usia 62 tahun alamat Gampong Pulo Ara Geudong Teungoh Kecamatan Kota Juang. Kemudian 5 orang bergabung Kloter BTJ-12.

Dari 328 Calon Jamaah Haji Bireuen yang berangkat tahun 2023 ini, tercatat jamaah haji termuda atas nama Abizar Al Aqsa Usia (18 tahun), Gampong Bireuen Meunasah Capa Kecamatan Kota Juang. Adapun jamaah haji tertua atas nama Katijah Ibrahim Ibnu (95 tahun) asal Gampong Dayah Blang Reuleue Kecamatan Jeunieb.

Segala perlengkapan jamaah haji sudah lengkap seperti paspor, visa, ID Card, kartu kesehatan, tas saku dibadan, koper pakaian dan lain-lain, semuanya sudah disiapkan oleh Petugas Kantor Kementerian Agama, Dinas Syariat Islam dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bireuen.

Pelepasan keberangkatan CJH oleh Sekda Bireuen Ir. Ibrahim M.Si di Masjid Agung Sabtu malam dan dilakukan peusijuk atau tepung tawar sebagai khasanah budaya Aceh pemulia tamu Allah yang akan melakukan perjalanan jauh menuju Baitullah.

“Seraya kita berdoa bersama semoga diberi kesehatan dan kekuatan serta diberkahi oleh Allah SWT untuk dapat menunaikan Ibadah yang sempurna,” ujar Sekda.

Pemberangkatan Calon Jamaah Haji dari Bireuen ke Embarkasi Haji Aceh di Banda Aceh, Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Dinas Syariat Islam menyediakan 11 (sebelas) buah bus, Dinas Kesehatan menyediakan 2 (dua) unit mobil ambulace, Dinas Perhubungan dan Polres Bireuen masing-masing menyediakan 1 (satu) unit mobil voorijder.

Untuk mempermudah jangkauan bagi jamaah haji dari 17 kecamatan, panitia juga menyiapkan titik pemberangkatan dipusatkan di 7 (tujuh) lokasi yaitu Masjid Besar Gandapura, Masjid Besar Kuta Blang, Masjid Besar Peu sangan, Masjid Agung Bireuen, Masjid Besar Peudada, Masjid BesarJeunieb, serta Masjid Besar Samalanga.

Di masing-masing lokasi tersebut dilepaskan keberangkatan oleh para Camat. Kecuali di Masjid Agung Bireuen dilepaskan oleh Sekretaris Daerah Ir. Ibrahim M.Si.

Kemudian Kadis Syariat Islam Anwar S Ag, M.S.M minta agar semua bua yang membawa Calon Jamaah Haji jangan saling mendahului di jalan. Diharapkan pukul 08.00 Wib Minggu pagi sudah tiba di Embarkasi Aceh.

Sementara Pj. Bupati Bireuen, Aulia Sofyan Ph.D akan melepaskan seluruh Calon Jamaah Haji yang tergabung dalam kloter BTJ- 6 Embarkasi Haji Aceh Minggu malam tanggal 28 Mei 2023, termasuk dari jamaah haji Kota Lhokseumawe dan Gayo Lues.

Penulis: Faizin

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.