Resmikan RTH Sooko, Ini Pesan Bupati Ikfina

Kab. Mojokerto, beritaterbit.com – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati meresmikan proyek infrastruktur ruang terbuka hijau (RTH) yang berada di Desa Japan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. Bupati Ikfina ingin masyarakat dapat memanfaatkan dan ikut menjaga RTH Sooko.

Peresmian RTH yang ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti itu, juga turut dihadiri para Kepala Perangkat Daerah, jajaran Forkopimca Sooko, Kepala Desa Japan, serta Kepala Desa Tempuran.

“Maka saya minta tolong masyarakat tidak hanya memanfaatkan tetapi ikut menjaga RTH, karena ini adalah milik kita bersama. Mudah-mudahan RTH yang akan kita resmikan ini betul-betul bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk masyarakat khususnya masyarakat Japan, Sooko, dan sekitarnya,” ucap Bupati Ikfina, Minggu (3/3/2024).

Pembangunan RTH dengan total anggaran sedikitnya Rp. 2,7 miliar ini, Bupati Ikfina mengatakan, merupakan bagian dari pelayanan pemerintah daerah terhadap masyarakat, yang dapat berfungsi sebagai lahan serapan air serta ketersediaan tanaman ditengah kepadatan pemukiman masyarakat.

“Maka disini banyak ditanam pohon-pohon, mudah mudahan semakin berjalannya waktu kita akan garap pohonnya nanti seperti yang di halaman ini akan tumbuh dengan besar, tinggi, kuat, dan rindang. sehingga masyarakat di Sooko sekitarnya nanti bisa memanfaatkan tempat ini untuk bersantai dan mendapatkan udara yang bersih,” jelasnya.

Selain berfungsi sebagai lahan serapan air dan memperkaya oksigen, orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto juga menjelaskan, pada RTH Sooko ini juga terdapat berbagai fasilitas olahraga, mulai dari olahraga panahan dan mini futsal.

Berbagai wahana permainan rekreasi anak dan keluarga, panggung sarana untuk anak-anak berekspresi, dan stand UMKM juga ada didalam RTH Sooko ini.

“disini nanti kita akan tata bagaimana, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ekonomi juga bisa berkembang disini. Karena nanti kalau banyak orang disini, nanti juga butuh untuk makan, minum, nyemil dan segala macamnya,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mojokerto Zaqqi mengatakan, pembangunan RTH ini untuk meningkatkan indeks kualitas lingkungan hidup.

“Tujuan dari kegiatan pembangunan dan peresmian RTH adalah untuk kebutuhan mencukupi terbuka ruang hijau publik dan juga untuk meningkatkan indeks kualitas lingkungan hidup terutama pada indeks kualitas lahan serta dapat dimanfaatkan sebagai sarana bermain dan berolahraga,” jelasnya.

Zaqqi juga mengharapkan, dengan diresmikannya RTH Sooko ini dapat berfungsi secara Ekologis hingga segi ekonomi untuk seluruh masyarakat.

“Peresmian ruang terbuka hijau Sooko ini juga dalam rangkaian kegiatan peringatan hari jadi kabupaten mojokerto ke-731 tahun 2024, semoga ruang terbuka hijau ini dapat berfungsi secara ekologi, estetis, planologi, pendidikan dan ekonomis,” pungkasnya.

Diketahui, pada peresmian RTH Sooko juga dilaksanakan program Senam bareng Bupati sehatkan Mojokerto (Sebar Buah Mojo). Program yang mengkampanyekan olahraga terhadap masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran masyarakat.

Serta, terdapat pula sosialisasi edukasi makanan gizi seimbang untuk mencegah terjadinya stunting dan obesitas yang dikemas dalam demo masak. Pelaksanaan sosialisasi ini bekerjasama dengan PT. Ajinomoto Indonesia.

Penulis: Ariyanto

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.