Rehabilitasi Hutan dan Lahan, Andi Akmal DPR RI: Upaya Konkret Penyelamatan Lingkungan

Bone, beritaterbit.com Lembaga Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menyelenggarakan acara Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sosialisasi Rehabilitasi Hutan dan Lahan, Sabtu 8 Juni 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat serta pemangku kepentingan mengenai pentingnya rehabilitasi hutan dan lahan dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup.

Acara yang berlangsung di Hotel Helios dihadiri oleh Anggota Komisi IV DPR RI Dr.Andi Akmal Pasluddin, dalam sambutannya menekankan pentingnya pengelolaan hutan yang baik untuk mencegah terjadinya bencana alam, jelasnya.

Andi Akmal Pasluddin menekankan bahwa salah satu pemicu utama terjadinya bencana adalah pembabatan hutan yang terus-menerus serta tambang-tambang ilegal yang melanggar peraturan. “Pengelolaan hutan harus dilakukan dengan baik. Kita harus terus melakukan penghijauan dan memastikan tambang-tambang ilegal tertangani dengan baik,” tegasnya.

“Dalam menghadapi tantangan perubahan iklim dan kerusakan lingkungan, kita perlu bekerja sama dan berkolaborasi. Bimtek dan sosialisasi ini merupakan langkah awal untuk membangun kesadaran dan mengajak semua pihak terlibat aktif dalam rehabilitasi hutan dan lahan,” ujar Andi Akmal.

Upaya konkret, Dr. Andi Akmal Pasluddin mengungkapkan bahwa selama 10 tahun berkiprah di DPR, dirinya bersama tim telah berupaya maksimal dalam program penghijauan. “Kami telah membentuk 15 kelompok dengan masing-masing kelompok mendapatkan anggaran 100 juta untuk penanaman pohon, termasuk durian musang king yang sudah kami bagikan,” terangnya.

Bimbingan teknis dan sosialisasi ini diharapkan menjadi langkah awal yang efektif dalam upaya penyelamatan lingkungan. Melalui kegiatan ini, DPR RI menunjukkan komitmennya dalam mendukung dan mendorong program-program rehabilitasi hutan dan lahan demi masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Penulis: Arur

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.