Rapat Paripurna Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Malang

Malang, beritaterbit.com – Bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Malang, hari ini DPRD Kabupaten Malang menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Malang terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Malang Tahun Anggaran 2022, Rabu (03/11/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi M. M, para pimpinan beserta anggota DPRD Kabupaten Malang, Pejabat Pemkab Malang, serta Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Fraksi Partai Golongan Karya, Fraksi Partai Nasdem, dan Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya.

Dalam penyusunan Rancangan Arah dan Kebijakan Umum APBD yang pada akhirnya termuat dalam APBD Tahun Anggaran 2022, harus selaras dimana sejak awal penyusunan sudah harus melibatkan peran masyarakat, baik yang diaspirasikan melalui kegiatan Musrenbang di tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga Nasional disamping mempertimbangkan pokok-pokok Pikiran DPRD, dan hasil rapat kerja dengan DPRD dengan Perangkat Daerah.

Serta tetap memperhatikan kebutuhan dan aspirasi masyarakat yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Dengan demikian setiap pengalokasian program, kegiatan dan anggaran akan sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten Malang.

Dalam mencermati Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, fraksi-fraksi tentu memperhatikan aspirasi masyarakat dan permasalahan secara umum yang terjadi saat ini.

Fraksi-Fraksi juga sangat mendukung Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Malang Tahun 2022 dengan tema ”Pemulihan Ekonomi melalui Pengembangan Ekonomi Lokal Sektor Unggulan dan Penguatan SDM dalam rangka Percepatan Pemulihan Kondisi Sosial Ekonomi masyarakat”.

Yang kemudian dijabarkan dalam Prioritas Pembangunan, meliputi :
1. Penguatan ketahanan ekonomi wilayah melalui peningkatan kapasitas dan daya saing ekonomi rakyat berbasis pada potensi unggulan daerah, serta mendorong terciptanya wirausaha kreatif untuk memberdayakan masyarakat.

2. Pemerataan pembangunan infrastruktur, serta teknologi dan informasi guna mendongkrak nilai tambah ekonomi wilayah menuju kemandirian desa serta mengurangi kesenjangan antar wilayah.

3. Penguatan kualitas, kompetensi dan daya saing sumber daya manusia berbagai bidang serta peningkatan penanganan masalah kesejahteraan sosial.

4. Revolusi mental dan pembangunan kebudayaan dalam rangka mewujudkan iklim kehidupan yang demokratis dan agamis;
Pemantapan tata kelola pemerintahan serta peningkatan inovasi berkelanjutan di berbagai sektor guna memberikan pelayanan publik yang prima.

5. Dan Mewujudkan keselarasan pembangunan dengan tetap memperhatikan kualitas keberlanjutan lingkungan hidup, risiko bencana dan perubahan iklim.

“Untuk itu dalam kesempatan ini, kami Fraksi-fraksi DPRD memberikan beberapa saran atau beberapa hal yang perlu dijelaskan oleh Saudara Bupati beserta jajarannya, diantaranya pertama terkait proyeksi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Malang Tahun 2022 mengalami kontraksi dan diharapkan pulih kembali dari dampak pandemi Covid-19. Kedua Perkiraan penerimaan pendapatan sebesar 4 Triliun 63 Miliar 959 Juta 540 Ribu 128 Rupiah 18 Sen di Rancangan APBD 2022 terdiri dari pendapatan asli daerah sebesar 782 Milyar 18 Juta 477 Ribu 895 Rupiah 7 Sen atau 19,24% dari total pendapatan dan pendapatan transfer sebesar 3 Triliun 56 Milyar 253 Juta 484 Ribu 441 Rupiah atau 75,20% dari total pendapatan,” terang Fitri Yuhana selaku juru bicara Fraksi-fraksi.

“Serta mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Malang dan semua pihak yang telah berupaya keras mendorong program vaksinasi untuk tercapainya herd immunity serta menurunnya Level PPKM dari level 3 menjadi level 2 dengan harapan pandemi Covid-19 segera berakhir,” lanjutnya.

“Kami para fraksi juga mengharapkan komitmen dari Pemerintah Kabupaten Malang terhadap Aspirasi masyarakat melalui kegiatan Reses DPRD untuk dapatnya direalisasikan pada Perangkat Daerah yang sudah ditunjuk,” tutupnya. (ADV/Rio)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.