Rakor Peringatan Harganas dan Peluncuran Vaksin Ibu Hamil dan Vaksin Anak 12-18 Tahun

Kota Batu, Jawatimur, beritaterbit.com – Wali Kota Batu bersama dengan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Batu, mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) peringatan “Hari Keluarga Nasional” (Harganas) ke-28 secara virtual di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota, Selasa (29/6/2021) pagi.

Dalam kesempatan ini, Wakil Presiden, Prof. Dr. (H.C.) KH. Ma’ruf Amin, menyoroti kondisi stunting di Indonesia yang merupakan tertinggi se-Asia Tenggara. Dalam jangka panjang, stunting dapat menyebabkan kesenjangan sosial-ekonomi, mengurangi 10 persen dari pendapatan total seumur hidup, serta mengakibatkan kemiskinan antar-generasi.

“Peringatan Harganas ke-28 2021 ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kondisi stunting di Indonesia. Pemda harus berkoordinasi antar sektor dan anggaran dioptimalkan agar layanan pencegahan stunting tepat sasaran,” kata Wapres.

Sementara itu, dalam acara ini juga dilaksanakan peluncuran vaksin bagi ibu hamil dan vaksin anak usia 12 hingga 18 tahun.

“Pada 29 Juni setiap tahunnya selalu diperingati sebagai Hari Keluarga Nasional (Harganas). Pada tahun 2021 ini, peringatan Harganas mengambil tema “Keluarga Keren Cegah Stunting” dengan tagar Keluarga Indonesia cegah stunting yang dapat disemarakkan di media sosial masyarakat Indonesia,”ujarnya

Peringatan Harganas adalah momen untuk merefleksikan pentingnya institusi terkecil dalam suatu masyarakat, yaitu keluarga. Suatu bangsa, suatu negara, atau masyarakat luas tidak akan memiliki populasi yang produktif jika keluarganya tidak berkualitas.

“Generasi penerus bangsa akan lahir dari keluarga-keluarga kecil di setiap daerah di Indonesia. Karena itulah, mereka harus tumbuh dalam keadaan sehat, cerdas, kreatif, dan produktif. Selain aspek jasmani, anak-anak juga harus dibekali dengan pendidikan yang berkualitas sebagai modal pembangunan bangsa,” tegasnya (har).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.