Puluhan Warga Padang Betuah Kuasai Lahan Perkebunan Sawit PT. GMP

BENGKULU TENGAH, beritaterbit.com – Sebanyak 70 orang Warga Desa Padang Betuah, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah, Minggu (08/04/2018) sekitar Pukul 08.30 wib, mulai membersihkan lahan Perkebunan Sawit PT PTG sambil melakukan pematokan lahan masing masing yang warga kuasai.

Zawawi Khatap, mengatakan, warga mulai melakukan pematokan lahan yang ada di area perkebunan sawit PT, sekitar 30 hektar dengan gotong royong, warga membersihkan lahannya masing masing sambil memasang patok lahan yang ada di area perkebunan sawit itu,” jelasnya.

Awalnya, seluruh lahan berjumlah 50 hektar dan karena masalah ini sudah dibawa ke pengadilan ada 10 hektar lagi yang sudah di miliki warga dan kini hanya tinggal 40 hektar lagi, itu pun mau di kuasai masyarakat sekitar,” ungkap Zawawi, saat di temui di lokasi perkebunan.

“Lahan yang sudah jadi kebun masyarakat di dalam 40 hektar itu, ado pulo hampir 10 hektar luas lagi paling 30 hektar lagi,” tegas Zawawi.

Diterangkan Zawawi, dasar dari warga mau menguasai lahan tersebut, karena lahan tersebut belum ada ganti rugi dari pihak manajemen Perusahaan Giantara Mulya Pratama (GMP).

“Selama ini dimiliki Sitorus (Alm) yang saat itu menjabat Direktur PT GMP, bukan warga mau menguasai lahan itu, dari pihak PT. GMP saat ganti rugi belum tuntas dan dengan dasar itu warga saat ini menguasai lahan tersebut,” ucap Zawawi.(CW)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.