Puluhan Rumah Terancam Ambruk, Warga Minta Bangun Pelapis Penahan Tanah

Lebong, Beritaterbit.com – Memprihatinkan, puluhan rumah warga di Lebong khususnya di Desa Piyangmbik Kecamatan Amen terancam ambruk ke dalam aliran Sungai Air Kotok.

Pasalnya terjangan air Sungai Kotok ini sedikit demi sedikit terus mengikis tanah di pinggiran rumah warga, apalagi bangunan rumah warga terlalu dekat dengan bibiran (pinggiran) Sungai Air Kotok.

Warga Piyangmbik, Roland (40) pada senin (08/08/22) kemarin mengeluhkan dan juga menuturkan kepada awak media ini, “Kami sangat khawatir rumah kami akan terancam ambruk pak, melihat kondisi saat ini sedikit demi sedikit tanah pinggiran rumah terus digerus air sungai,” ungkapnya.

“Apa lagi saat hujan turun, luapan sungai ini sangat besar dan deras, sudah barang tentu terjangan air sungai ini sangat kencang menghantam,” lanjutnya.

Dia juga memohon kepada Pemerintah Kabupaten Lebong untuk sesegera mungkin kiranya memperhatikan dan membangun pelapis penahan tanah di pinggiran aliran sungai atau dibangun Talut.

“Kalau tidak ditanggulangi kami sangat khawatir puluhan rumah ini akan ambruk dan terjun ke dalam sungai,” pinta Roland. (nly)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.