Puluhan Kades di Seginim Sepakat Minta Camat Dicopot, Bupati Akan Evaluasi Kinerja Camat

Bengkulu Selatan, beritaterbit.com – Banyak alasan yang mendasari puluhan kepala desa (Kades) di Kecamatan Seginim menuntut Camat dicopot. Para kades merasa dikekang oleh Camat. Di mana, semua kebijakan dan urusan pemerintahan di desa diintervensi oleh camat.

“Seluruh laporan masyarakat kami terima tetapi tidak serta merta kami diamkan itu ada prosedur dan prosesnya, dan juga tidak semuanya yang dilaporkan masyarakat itu benar atau tidak butuh pembuktian, tentunya itu peran inspektorat untuk menggali laporan itu,” ujar Bupati Gusnan Mulyadi, Selasa (9/8).

Sementara itu, Inspektorat Kabupaten Bengkulu Selatan Hamdan Syarbaini mengatakan dengan adanya surat rekomnedasi dari DPRD kemudian adanya perintah tertulis kepada Inspektorat maka tim sudah melaksanakan tugas dan untuk LHP sudah diserahkan kepada Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi.

“LHP sudah kami kirimkan kepada bapak bupati, kemudian silahkan bapak bupati untuk menindaklanjutinya. Secara umum yang kami sampaikan pada pak bupati yang nnatinya dilakukan evaluasi terhadak kinerja camat tersebut,” jelasnya.

Adapun kades melapor dan mengirimkan surat yang ditujukan kepada Bupati dan ditembuskan ke Inspektorat, yang berisi kepala desa menghendaki agar Camat untuk dicopot dari jabatannya. Beberapa contonya saja, camat pernah menonaktifkan salah satu sekdes. Tak lama kemudian, diaktifkan lagi. Ada juga perangkat desa yang sudah lama terpilih tidak kunjung dilantik oleh camat dengan alasan yang tidak jelas.

“Kalau tidak salah ada 12 Kepala Desa yang sudah tanda tangan, dan perintah selanjutnya dari bapak bupati nantinya akan kami tindak lanjuti,” tutupnya. (R)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.