PT PIM Gelar Coastal Cleaning Up Dalam Rangka Gernas K3

Kruenggeukuh,Beritaterbit.com – Dalam rangka memeriahkan peringatan bulan K3 Nasional dan menyambut HUT Pupuk Iskandar Muda (PIM) Ke 40 Tahun, Karyawan PT PIM menggelar kegiatan Coastal Clening UP ( Pembersihan pinggiran pantai dan danau) dari sampah organic maupun non organic.

Foto : Karyawan Karyawti PT PIM melakukan Coastal cleaning Up di dua titik pesisir pantai dan danau.

Ketua BK3N 2022 PT PIM, Reza kepada media ini Selasa, (25/1/22) menyebut, Coastal Cleaning UP merupakan kegiatan yang dilakukan di ekosistem pantai yang memiliki keterkaitan erat dengan pembersihan sampah yang merupakan bagian pencemaran lingkungan.

Disebutkan, sasaran yang dilakukan pembersiahan pantai Desa Bangka Jaya Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara dan pinggiran danau laut Tawar di Takengon Kabupaten Aceh Tengah.

Salah satu progam kegiatan Gernas K3 dan HUT PT PIM 40 adalah gerakan peduli kebersihan lingkungan yang berlokasi di Pantai dan Danau yang diprakarsai oleh karyawan dan karyawati dengan progam pembersihan pantai yang dilakukan rutinitas setiap tahunnya sejak tahun 1986 terhadap pantai-pantai di lingkungan PT PIM.

Disebutkan, Laut dan danau merupakan kumpulan berbagai ekosistem yang di dalamnya hidup beraneka ragam biota. Hingga akhir 2021 sampah terbanyak yang ditemukan di laut masih didominasi oleh sampah plastic. Bahkan,Internasional Coastal Cleaning (ICC) merilis pada 2019 sebanyak 97457984 jenisa sampahyang ditemukan berasal berasal dari bahan plastik seperti sedotan dan pengaduk alat makan plastic dan gelas plastic serta kantong plastic.

Dalam kaitan tersebut kurangnya kesadaran masyarakat yang tinggal dan melakukan aktivitas di lingkungan pesisir menimbulkan anggapan bahwa wilayah pantai adalah tempat pembuangan sampah yang gratis.

Dalam kegiatan coastal dan cleaning selama satu jam, terkumpul 32 karung sampah ukuran 50 kilogram yang lagi-lagi didominasi oleh sampah plastic.

Menurut Reza, plastic merupakan salah satu sampahyang membutuhkan waktu sampai 50 tahun untuk dapat terurai dan plastic sudah merupakan keresahan laut selain dikonsumsi oleh ikan juga akhirnya dikonsumsi oleh manusia.

Selain di pesisir Bangka Jaya insane PT PIM juga melakukan pembersiahan di area pinggiran Kut Tawar Kabupaten Aceh Tengah yang berada di dua titik yaitu di Lot Kala Kabayakan dan di pesisir camp Gayo Indah dalam rangka kegiatan Focus Group Discusion ( FGD).

Sementara Vice President PKBL & Humas, Nasrun yang juga selaku coordinator di lapangan menyampaikan bahwa kegiatan coastal cleaning Up yang dilaksanakan di dua lokasi merupakan implimentasi nilai nilai moral (Akhlak ) dari karyawan PT PIM untuk menjaga lingkungan pantai dan danau yang bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat yang mendukung kegiatan sekaligus berpartisipasi dalam memelihara sekaligus peduli lingkungan. (Rel)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.